Kompas.com - 13/12/2021, 20:00 WIB

KOMPAS.com - LRT Jabodebek (Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi) rencananya akan dioperasikan tanpa masinis.

LRT tersebut dioperasikan menggunakan sistem Communication-Based Train Control (CBTC) dengan Grade of Automation (GoA) level 3.

Sebagai informasi, CBTC merupakan pengoperasian kereta berbasis komunikasi, sehingga sistem dapat mengoperasikan kereta dan memproyeksikan jadwal secara otomatis. Selain itu, supervisi juga dilakukan secara otomatis dari pusat kendali operasi.

Untuk itu, seluruh operasional kereta ini akan berjalan secara otomatis dengan mengikuti jadwal yang telah ditetapkan.

Baca juga: Viral, Video Pemotor Terobos Perlintasan Kereta Api, Apa Hukumannya?

Tanpa masinis

VP Public Relations PT Kereta Api Indonesia (KAI) Joni Martinus menjelaskan mengenai otomasi operasional kereta ini.

Dia mengatakan, Grade of Automation level 3 atau GoA3 adalah tingkat otomasi operasional kereta, di mana pengoperasian dilakukan secara otomatis tanpa masinis.

"Namun mensyaratkan masih terdapat petugas operasional di dalam kereta untuk penanganan kondisi darurat dan pelayanan kepada pelanggan. Petugas ini disebut train attendant,” ujar Joni, melalui keterangan tertulis kepada Kompas.com, Senin (13/12/2021),

Jika terjadi gangguan sarana atau prasarana, lanjut Joni, train attendant akan mengambil alih pengoperasian kereta secara manual dengan kecepatan terbatas.

Joni menjelaskan, LRT Jabodebek akan beroperasi mengikuti jadwal yang telah diunggah ke sistem persinyalan di pusat kendali operasi atau operation control center (OCC).

"Operator pada OCC akan memantau jalannya LRT dan hanya akan mengintervensi jika ditemukan ketidaksesuaian seperti adanya keterlambatan, gangguan suplai daya, dan sebagainya," papar dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.