Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini dalam Sejarah: Charles Darwin Terbitkan Teori Asal-usul Spesies

Kompas.com - 24/11/2021, 07:35 WIB
Dandy Bayu Bramasta,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hari ini 162 tahun yang lalu, tepatnya pada 24 November 1859, buku tentang asal-usul spesies terbit di Inggris dengan judul asli On the Origin of Species by Means of Natural Selection, sebuah karya ilmiah inovatif oleh Charles Darwin.

Dilansir dari History, teori Darwin menyatakan bahwa organisme dapat berevolusi secara bertahap melalui proses "seleksi alam".

Dalam proses itu, organisme dengan variasi genetik yang sesuai di lingkungannya cenderung dapat memperbanyak keturunan daripada organisme dari spesies yang sama tetapi tidak memiliki variasi.

Sehingga, hal itu bisa memengaruhi susunan genetik spesies secara keseluruhan.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: Charles Darwin, Berlayar Meneliti Makhluk Hidup

Darwin, yang dipengaruhi oleh seorang karya naturalis Perancis Jean-Baptiste de Lamarck dan ekonom Inggris Thomas Malhus, mendapatkan sebagian besar bukti teorinya selama ekspedisi survei lima tahun di atas kapal HMS Beagle pada 1830-an.

Dia mengunjungi berbagai tempat, seperti Kepulauan Galapagos dan Selandia Baru, dan mendapatkan pengetahuan yang mendalam mengenai flora, fauna, dan geologi dari banyak negeri.

Baca juga: 2 Buku Teori Evolusi Charles Darwin Hilang dari Perpustakaan Cambridge

Teori evolusi organik

Informasi ini, bersama dengan studinya mengenai variasi dan kawin silang setelah dirinya kembali ke Inggris, terbukti sangat berharga dalam pengembangan teorinya mengenai evolusi organik.

Ide evolusi organik sejatinya bukanlah sebuah hal baru. Sebelumnya pernah dikemukakan oleh beberapa orang, di antaranya sang kakek, Erasmus Darwin, yang juga seorang ilmuwan Inggris terkemuka.

Selain itu, ada Lamarck, yang pada abad ke-19 menggambar diagram evolusi pertama berupa tangga yang menuntun organisme bersel satu pada manusia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com