Kompas.com - 22/11/2021, 20:00 WIB
Penyebab sering terbangun tengah malam termasuk sleep apnea, lingkungan kamar tidur yang tidak nyaman, terlalu banyak minum sebelum tidur, dan lainnya. SHUTTERSTOCKPenyebab sering terbangun tengah malam termasuk sleep apnea, lingkungan kamar tidur yang tidak nyaman, terlalu banyak minum sebelum tidur, dan lainnya.

KOMPAS.com - Catatan waktu terlama seseorang tanpa tidur adalah sekitar 264 jam atau 11 hari.

Catatan tersebut dipegang seorang anak laki-laki asal Amerika Serikat (AS) Randy Gardner. Dia berhasil memecahkan rekor dunia tidak tidur terlama selama 11 hari 25 menit (264,4 jam) pada 1963. 

Randy berhasil memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh DJ Tom Rounds di Honolulu, Hawaii yang tidak tidur selama 260 jam atau kurang dari 11 jam.

Namun dampaknya saat melakukan eksperimen itu dia kesulitan untuk mengidentifikasi objek dengan sentuhan, mulai berhalusinasi, dan bicaranya lambat serta mulai tidak jelas. 

Baca juga: 5 Cerita dari Gelaran World Superbike di Sirkuit Mandalika 2021

Melansir Healthline, kurang tidur yang berkepanjangan dapat menyebabkan gangguan kognitif, mudah marah, delusi, paranoid, dan psikosis.

Meskipun kematian karena kurang tidur sangat jarang, tetapi hal itu bisa terjadi.

24 jam tanpa tidur

Kurang tidur 24 jam bukanlah hal yang aneh. Anda mungkin melewatkan malam tanpa tidur untuk bekerja, belajar untuk ujian, atau merawat anak yang sakit.

Meskipun mungkin tidak menyenangkan untuk begadang sepanjang malam, itu tidak akan berdampak signifikan pada kesehatan Anda secara keseluruhan.

Beberapa efek dari melek terus selama terus 24 jam adalah kantuk, mudah marah, gangguan pengelihatan dan pendengaran, penurunan koordinasi tangan dan mata, serta gemetar.

Namun, gejala kurang tidur 24 jam biasanya hilang begitu Anda memejamkan mata dan mulai tidur.

Baca juga: 7 Cara Tidur Nyenyak dan Teratur

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.