Kompas.com - 28/10/2021, 14:00 WIB
Jika tak hati-hati dalam membersihkan, lensa kacamata bisa tergores. Unsplash/Josh CalabreseJika tak hati-hati dalam membersihkan, lensa kacamata bisa tergores.

KOMPAS.com - Goresan tipis saja di lensa kacamata bisa menjadi masalah yang sangat menganggu.

Para pengguna kacamata bisa merasa ada sesuatu yang mengambang di permukaan matanya ketika ada goresan yang menghiasi lensa kacamatanya.

Lantas apa yang bisa dilakukan? Mengganti lensa kacamata adalah solusi terakhir, jika goresan yang ada memang sangat parah dan tidak bisa diperbaiki lagi.

Jika goresan masih tergolong ringan, Anda bisa mencoba menghapusnya dengan menggunakan kain microfiber yang khusus digunakan untuk mengelap dan membersihkan lensa kacamata.

Cairkan sabun di air hangat, kemudian ambil kain yang ada dan celupkan ke dalam larutan. Gunakan kain untuk menggosok dan menekan ringan lensa yang tergores.

Jika goresan sangat dangkal dan tipis, cara ini akan efektif memperbaiki kondisi lensa menjadi mulus seperti sedia kala.

Namun jika goresan cukup membandel, Anda harus menggunakan bahan-bahan rumahan lainnya dan juga tenaga ekstra.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 6 Gangguan Mata Usia 40 Tahun ke Atas dan Cara Menanganinya

Mengapa lensa kacamata mudah tergores

Melansir dari Healthline, ada beberapa sebab mengapa lensa kacamata mudah tergores.

Pertama, kebanyakan lensa kacamata tak terbuat dari kaca, namun terbuat dari plastik sintetis yang bisa berkurang kualitasnya dari waktu ke waktu.

Lensa kacamata yang terbuat dari plastik lebih mudah tergores dan retak.Unsplash/Steven Wright Lensa kacamata yang terbuat dari plastik lebih mudah tergores dan retak.
Meski plastik relatif lebih aman karena digunakan dekat dengan mata, namun bahan ini lebih mudah tergores dan retak.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.