Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Menghilangkan Goresan pada Lensa Kacamata

Para pengguna kacamata bisa merasa ada sesuatu yang mengambang di permukaan matanya ketika ada goresan yang menghiasi lensa kacamatanya.

Lantas apa yang bisa dilakukan? Mengganti lensa kacamata adalah solusi terakhir, jika goresan yang ada memang sangat parah dan tidak bisa diperbaiki lagi.

Jika goresan masih tergolong ringan, Anda bisa mencoba menghapusnya dengan menggunakan kain microfiber yang khusus digunakan untuk mengelap dan membersihkan lensa kacamata.

Cairkan sabun di air hangat, kemudian ambil kain yang ada dan celupkan ke dalam larutan. Gunakan kain untuk menggosok dan menekan ringan lensa yang tergores.

Jika goresan sangat dangkal dan tipis, cara ini akan efektif memperbaiki kondisi lensa menjadi mulus seperti sedia kala.

Namun jika goresan cukup membandel, Anda harus menggunakan bahan-bahan rumahan lainnya dan juga tenaga ekstra.

Mengapa lensa kacamata mudah tergores

Melansir dari Healthline, ada beberapa sebab mengapa lensa kacamata mudah tergores.

Pertama, kebanyakan lensa kacamata tak terbuat dari kaca, namun terbuat dari plastik sintetis yang bisa berkurang kualitasnya dari waktu ke waktu.

Kedua, kebiasaan kurang menjaga kebersihan juga bisa menjadi sumber lensa kacamata mudah tergores. Ketika lensa ditempeli debu dan Anda mengusapnya begitu saja secara sembarangan, maka lensa bisa berisiko tergores.

Ketiga, Anda bisa saja salah menggunakan piranti untuk membersihkan kacamata. Tisue dan beberapa jenis kain, memiliki permukaan kasar yang bisa menimbulkan goresan ke lensa kacamata.

Cara menghilangkan goresan pada lensa kacamata

Ketika goresan pada lensa menyebabkan pandangan terasa sangat kabur sehingga aktivitas harian tersendat, maka mau tak mau Anda harus mengganti lensa yang ada.

Namun jika goresan masih terbilang ringan, Anda bisa membersihkannya sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan seperti baking soda dan pasta gigi.

Tapi awas, jika Anda tak hati-hati dalam mengaplikasikannya, Anda justru akan memperparah kerusakan yang ada.

Jika ingin menggunakan pasta gigi, pilihlah pasta gigi yang tidak terbuat dari gel. Oleskan pasta gigi di permukaan lensa, kemudian gunakan kain microfiber untuk mengusap pasta gigi dengan gerakan memutar pelan. 

Setelah digosok beberapa kali, cuci lensa dengan air dingin dan keringkan dengan kain mircofiber yang masih baru.

Untuk penggunakan baking soda, cara pengaplikasiannya hampir sama. Bedanya, buatlah dulu pasta dari bubuk baking soda dan air hangat. Baru kemudian gosokkan ke permukaan lensa.

Namun jika Anda ragu-ragu melakukan langkah ini di rumah, bawa saja lensa kacamata ke optik terdekat. Dengan cairan pembersih khusus, terkadang goresan bisa dihilangkan dengan maksimal.

https://www.kompas.com/tren/read/2021/10/28/140000165/cara-menghilangkan-goresan-pada-lensa-kacamata

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke