Kompas.com - 26/10/2021, 17:00 WIB
Ilustrasi garis polisi. THINKSTOCKIlustrasi garis polisi.

KOMPAS.com - Gilang Endi (21), seorang mahasiswa Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta meninggal dunia saat mengikuti Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) Pra Gladi Patria XXXVI Resimen Mahasiswa (Menwa) UNS.

Mahasiswa program studi D4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Sekolah Vokasi UNS itu meninggal saat mengikuti Diklatsar Menwa UNS di kawasan Jurug, Minggu (24/10/2021).

Kepolisian Resor Kota (Polresta) Surakarta saat ini sedang mendalami penyebab kematian Gilang, termasuk untuk mengungkap apakah yang bersangkutan meninggal karena kekerasan.

Proses otopsi terhadap jenazah Gilang dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Moewardi, Surakarta, pada Senin (25/10/2021).

Sementara itu, kata kunci "Menwa" menduduki posisi teratas trending topic Twitter Indonesia hingga Selasa, (26/10/2021), menyusul ramainya perbincangan mengenai kematian Gilang.

Berikut sejumlah fakta yang berhasil dihimpun dari kasus kematian Gilang Endi saat mengikuti Diklatsar Menwa UNS:

Baca juga: Meninggal Saat Diklatsar Menwa UNS, Jenazah Gilang Diotopsi

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Korban tidak memiliki riwayat penyakit

Diberitakan Kompas.com, Senin (25/10/2021), paman korban, Sutarno (40) mengatakan, kematian Gilang mengejutkan keluarga.

Pasalnya, Gilang dikenal sebagai pemuda yang suka berolahraga dan selama ini tidak memiliki riwayat penyakit.

"Dari kecil suka main bola," kata Sutarno.

Direktur Reputasi Akademik dan Kemahasiswaan UNS Sutanto juga mengatakan bahwa Gilang tidak memiliki riwayat penyakit saat mengikuti Diklatsar Menwa UNS.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.