Kompas.com - 21/10/2021, 07:00 WIB
Para penumpang pesawat di periode Nataru 2020/2021 di Bandara I Gusti Ngurah Rai Dok. Bandara I Gusti Ngurah RaiPara penumpang pesawat di periode Nataru 2020/2021 di Bandara I Gusti Ngurah Rai

KOMPAS.com - Situasi pandemi Covid-19 di Indonesia terus menunjukkan tanda-tanda perbaikan, ditandai penurunan kasus dan angka kematian harian.

Akan tetapi, masyarakat diminta tidak terlena dan tetap waspada, karena ancaman dari gelombang ketiga pandemi virus corona masih mengintai.

Peringatan itu disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat konferensi pers Evaluasi PPKM, Senin (18/10/2021).

"Kami mengimbau agar seluruh masyarakat patuh karena kita masih berjaga-jaga terhadap kemungkinan gelombang ketiga yang terjadi pada Natal dan Tahun Baru yang akan datang, kita harus berhati-hati," kata Luhut, dilansir dari Antara, Senin (18/10/2021).

Luhut menambahkan, berdasarkan hasil evaluasi mingguan, Presiden Joko Widodo menaruh perhatian pada kegiatan masyarakat yang kerap mengabaikan protokol kesehatan, misalnya pernikahan, tempat wisata, maupun kegiatan lainnya yang memicu kerumunan.

Baca juga: Diperpanjang, Ini Penyesuaian Aturan PPKM 19 Oktober-1 November 2021

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Prediksi epidemiolog akan gelombang ketiga Covid-19

Epidemiolog telah memeringatkan ancaman gelombang ketiga Covid-19 yang sangat mungkin terjadi di Indonesia.

Hal ini karena tingkat imunitas atau tingkat vaksinasi masyarakt yang masih cukup rendah.

Epidemiolog Universitas Grifftith Australia Dicky Budiman memprediksi bahwa gelombang ketiga kemungkinan akan terjadi pada Desember 2021 atau bertepatan dengan musim libur Nataru.

“Dulu saya memprediksi Oktober, tapi ini berubah lagi, mundur lagi, jadi Desember. Desemberpun gelombangnya menurun juga, merendah, nggak sebesar seperti prediksi sebelumnya,” kata Dicky, seperti diberitakan Kompas.com, 19 September 2021.

Kendati demikian, ia menggarisbawahi bahwa prediksi ini bersifat dinamis.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.