Kompas.com - 22/09/2021, 15:30 WIB
Ilustrasi pandemi Covid-19. PEXELS/ANNA SHVETSIlustrasi pandemi Covid-19.

KOMPAS.com - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mengingatkan, masyarakat akan ancaman gelombang ketiga pandemi Covid-19.

Diberitakan Kompas.com, Rabu (22/9/2021), Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, pola lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia biasanya terjadi tiga bulan setelah negara-negara lain mengalami lonjakan kasus.

Oleh karena itu, Wiku meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan untuk mencegah terjadinya lonjakan kasus Covid-19 gelombang ketiga.

"Kita harus waspada dan tetap disiplin protokol kesehatan agar kita tidak menyusul lonjakan ketiga dalam beberapa bulan ke depan," kata Wiku melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (21/9/2021).

Wiku mengingatkan, peluang peningkatan kasus Covid-19 Indonesia bisa terjadi akibat dari tradisi berkumpul dalam acara besar dan libur panjang.

Lantas, apa yang harus dilakukan untuk mencegah terjadinya gelombang ketiga?

Baca juga: WHO dan UNICEF Desak Indonesia Buka Sekolah Tatap Muka, Ini Kata IDAI

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Langkah pencegahan dari Satgas

Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19 Nasional Brigjen TNI Purn dr Alexander K Ginting mengatakan, ada beberapa hal yang harus dikawal agar gelombang ketiga Covid-19 dapat dicegah.

Berikut ini saran dari Alex:

1. Menjaga protokol 3M

Alex mengatakan, perilaku 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun) harus terus dijaga, meski kasus positif terus menurun.

"Perilaku 3M terus (diterapkan) kendati kasus sudah mendekati pada titik terendah," kata Alex, ketika dihubungi Kompas.com, Rabu (22/9/2021).

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.