Kompas.com - 17/10/2021, 17:45 WIB
Ilustrasi bulu tangkis Indonesia dan China. SHUTTERSTOCK/De au_uhooIlustrasi bulu tangkis Indonesia dan China.

KOMPAS.com - Pemain tunggal putra dari Tim Denmark Anders Antonsen mendapat kartu kuning saat berlaga di semifinal Piala Thomas pada Sabtu (16/10/2021).

Pemberian kartu kuning ini diberikan oleh wasit ketika Antonsen tengah melawan pemain tunggal putra Indonesia Jonatan Christie.

Diketahui, meluncurnya kartu kuning ini diberikan, lantaran Antonsen kerap mengulur-ulur waktu untuk mengambil napas atau istirahat pada partai kedua.

Meski begitu, pemberian kartu kuning ini masih dianggap asing bagi publik.

Dalam olahraga bulu tangkis, ada tiga tahap pemberian hukuman kartu, baik kartu kuning, merah, dan hitam. Apa arti dari masing-masing kartu tersebut?

Berikut penjelasan dari Persatuan Bulu tangkis Seluruh Indonesia (PBSI):

Baca juga: Daftar Pemain Indonesia Vs China di Final Thomas Cup 2020

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kartu kuning

Kepala Bidang Humas Persatuan Bulu tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Broto Happy menyampaikan, tahap pertama adalah pemberian hukuman kartu kuning.

Kartu kuning ini berfungsi sebagai pemberi peringatan.

Pemain yang mendapat kartu kuning dari wasit adalah mereka yang melakukan kesalahan-kesalahan kecil, seperti ketahuan mengulur-ulur waktu permainan.

"Biasanya itu dikeluarkan wasit untuk peringatan kecil, misal kalau pemain mengulur-ulur waktu saat mau service," ujar Broto, saat dihubungi Kompas.com, Minggu (17/10/2021).

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.