Kompas.com - 17/10/2021, 10:05 WIB
Warga Sumedang kesulitan mengakses aplikasi PeduliLindungi di salah satu bank di wilayah Sumedang kota, Jumat (8/10/2021). KOMPAS.COM/AAM AMINULLAHWarga Sumedang kesulitan mengakses aplikasi PeduliLindungi di salah satu bank di wilayah Sumedang kota, Jumat (8/10/2021).

KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terus mengembangkan dan memperluas penggunaan aplikasi PeduliLindungi.

Selain dipergunakan di semua sektor, Kemenkes juga akan menjadikan fitur pada aplikasi PeduliLindungi agar bisa diakses platform digital atau aplikasi.

Aplikasi PeduliLindungi bahkan disebutkan dapat menunjukkan hasil PCR maupun antigen.

Sejumlah fungsi tersebut memudahkan masyarakat yang hendak bepergian baik menggunakan pesawat terbang maupun kereta api karena dapat langsung menunjukkan hasil pemeriksaan PCR/antigennya melalui PeduliLindungi.

Kendati demikian, tidak semua tes PCR maupun antigen keluar pada aplikasi PeduliLindungi.

Baca juga: Daftar Bantuan yang Cair pada Oktober 2021, Apa Saja?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bagaimana agar hasil tes PCR atau antigen keluar di PeduliLindungi?

Chief Digital Transformation Office (DTO) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Setiaji menjelaskan, agar hasil swab antigen maupun PCR muncul di aplikasi PeduliLindungi, maka pemeriksaan harus dilakukan di laboratorium yang sudah mendapatkan izin Dinas Kesehatan (Dinkes) masing-masing wilayah.

Selain itu, petugas di laboratorium tersebut juga harus menginputkan hasil laboratorium pada aplikasi NAR (New All Record) Kementerian Kesehatan.

“(Petugas) Laboratorium input di aplikasi NAR Kemkes dan kemudian akan muncul di PeduliLindungi,” ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (16/10/2021).

Baca juga: Alasan Mengapa Harga Tes PCR di Indonesia Mahal dan Kapan Harganya Turun?

Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.