Wisnu Nugroho
Pemimpin Redaksi Kompas.com

Wartawan Kompas. Pernah bertugas di Surabaya, Yogyakarta dan Istana Kepresidenan Jakarta dengan kegembiraan tetap sama: bersepeda. Menulis sejumlah buku tidak penting.

Tidak semua upaya baik lekas mewujud. Panjang umur upaya-upaya baik ~ @beginu

Banyak Senyum dan Tawa Dibanding Tangis dan Kecewa Diawali dari Papua

Kompas.com - 05/10/2021, 08:50 WIB
Suasana pertunjukan kembang api saat pembukaan PON Papua di Stadion Lukas Enembe, Sentani, Papua, Sabtu (2/10/2021). Perhelatan olahraga empat tahunan tersebut mengangkat tema 'Torang Bisa'. ANTARA FOTO/ZABUR KARURUSuasana pertunjukan kembang api saat pembukaan PON Papua di Stadion Lukas Enembe, Sentani, Papua, Sabtu (2/10/2021). Perhelatan olahraga empat tahunan tersebut mengangkat tema 'Torang Bisa'.

HAI, apa kabarmu? 

Semoga kabarmu baik karena kesehatan dan mulai normalnya sejumlah kegiatan harian yang semula terkendala dan dibatasi karena pandemi.

Sejak akhir September 2021, kita mendapati sejumlah kegiatan di luar rumah meningkat tajam. Jalan-jalan yang semula lengang mulai ramai bahkan macet di beberapa ruas.

Tidak hanya di hari kerja dan jam-jam kerja kepadatan dan kemacetan terjadi, tetapi juga pada akhir pekan. 

Saat akhir pekan, kepadatan tidak hanya terjadi di kota tetapi meluas sampai ke luar kota.

Bogor dan Puncak di Jawa Barat yang menjadi penyangga Jakarta dan tempat "pelarian" warga Jakarta misalnya, padat saat akhir pekan.

Yogyakarta dan sekitarnya diserbu wisatawan yang umumnya membawa kendaraan. Parkir kendaraan di tempat-tempat keramaian sampai menggunakan ruas-ruas jalan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tumpeng Menoreh di sore hari.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Tumpeng Menoreh di sore hari.
Kepadatan apalagi kemacetan memang menyebalkan. Namun, mendapati kemacetan kali ini, kegembiraan ikut menyembul muncul di luar kesebalannya.

Ekonomi dan aktivitas harian mulai bergerak menuju normal bersamaan dengan kemampuan pengendalian pandemi Covid-19.

Kita mendapati data yang menggembirakan. Dari hari ke hari, jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia terus turun. Rumah sakit kosong. Tenaga medis bisa menarik nafas lebih dalam.

Setelah sebelumnya sempat mencapai 56.757 kasus dalam sehari (15 Juli 2021), Senin (4/10/2021), didapati 922 kasus dalam sehari.

Sejak akhir Sepember 2021, bersamaan dengan menggeliatnya sejumlah aktivitas termasuk wisata, kasus harian ada di bawah 2.000.

Baca juga: UPDATE: Kasus Harian Covid-19 Kembali di Bawah 1.000, Terakhir Juni 2020

Sebuah kemampuan pengendalian yang patut disyukuri.

Nyaris dua tahun kita berada dalam situasi pandemi, kita makin mampu mencegah penularan dengan disiplin protokol kesehatan dan menerima vaksin.

Untuk vaksin, Indonesia sudah menyuntikkan 146 juta dosis dari jumlah populasi sekitar 270 juta penduduk. Dari catatan itu, ada 52,7 juta penduduk yang sudah lengkap menerima vaksin.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.