Kompas.com - 05/10/2021, 07:30 WIB
Ilustrasi Facebook, Instagram, WhatsApp businessinsider.comIlustrasi Facebook, Instagram, WhatsApp

KOMPAS.com - Gangguan yang dialami Facebook dan aplikasi-aplikasi lain yang bernaung di bawahnya, seperti WhatsApp dan Instagram.

Hal itu membuat para pengguna dari seluruh dunia terkendala saat menjalankan aktivitas sehari-hari.

Beberapa pakar keamanan digital menduga penyebab Facebook down adalah karena adanya masalah pada Domain Name System (DNS).

Divisi analisis internet Cisco, ThousandEyes, melalui akun Twitter mereka menyebutkan bahwa error yang dialami sejumlah aplikasi yang bernaung di bawah Facebook disebabkan adanya kegagalan DNS yang sedang terjadi.

Baca juga: Penyebab WhatsApp Error dan Dampaknya bagi Pengguna di Seluruh Dunia

Sementara, John Graham-Cumming, chief technology officer Cloudflare, sebuah perusahaan infrastruktur web, mengatakan bahwa error yang terjadi kemungkinan besar disebabkan kesalahan konfigurasi server Facebook.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tak hanya berdampak pada para pengguna, ternyata gangguan yang dialami Facebook dan aplikasi-aplikasinya juga berdampak pada para pegawai perusahaan digital tersebut.

Terkunci di luar kantor

Melansir New York Times, Senin (4/10/2021) di internal Facebook, kekacauan juga terjadi karena sistem internal mereka berhenti berfungsi. Hal itu diketahui dari memo internal yang dikirim ke karyawan dan dibagikan kepada New York Times.

Para karyawan mengatakan mereka mengalami kesulitan melakukan panggilan dari ponsel kantor dan menerima email dari orang di luar perusahaan.

Platform komunikasi internal Facebook, Workplace, juga mengalami down, sehingga membuat banyak karyawan tidak dapat melakukan pekerjaan mereka.

Baca juga: Layanan Down, Ini Penjelasan WhatsApp, Instagram, dan Facebook

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.