"Jangan Rusak Mental Health Mereka yang Lagi Cari Kerja, Belum Nikah, Belum Punya Keturunan"

Kompas.com - 26/09/2021, 16:30 WIB
Ilustrasi kesehatan mental. DOK. PIXABAYIlustrasi kesehatan mental.

KOMPAS.com - Di media sosial, ramai twit bernarasi agar tidak merusak mental health mereka yang sedang berjuang menggapai tujuannya.

Mulai dari mereka yang tengah mencari pekerjaan, menyelesaikan skripsi, hingga belum menikah pada usia yang sudah cukup matang.

Twit yang telah disukai lebih dari 74.000 kali tersebut dibagikan oleh akun @dindayohanes pada 13 September 2021.

"Jangan merusak mental health mereka yang lagi nyari kerja, nyusun skripsi, belum menikah di usia yang cukup matang, belum memiliki keturunan padahal sudah menikah cukup lama. ada tambahan?," tulis @dindayohanes.

Apa itu mental health? Seperti apa ciri-cirinya?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Penjelasan Kemenkes soal Rumor Hoaks Biaya Pasien Covid-19 Tak Ditanggung Lagi

Apa itu mental health?

Dilansir dari laman Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Promkes Kemenkes), promkes.kemkes.go.id, mental health adalah kesehatan mental itu sendiri.

Kesehatan mental yang baik adalah kondisi ketika batin berada dalam keadaan tentram dan tenang, sehingga memungkinkan untuk menikmati kehidupan sehari-hari dan menghargai orang lain di sekitar.

Seseorang yang bermental sehat dapat menggunakan kemampuan atau potensi dirinya secara maksimal dalam menghadapi tantangan hidup, serta menjalin hubungan positif dengan orang lain.

Sebaliknya, orang yang kesehatan mentalnya terganggu akan mengalami gangguan suasana hati, kemampuan berpikir, serta kendali emosi yang pada akhirnya bisa mengarah pada perilaku buruk.

Penyakit mental dapat menyebabkan masalah dalam kehidupan sehari-hari, tidak hanya dapat merusak interaksi atau hubungan dengan orang lain, namun juga dapat menurunkan prestasi di sekolah dan produktivitas kerja.

Baca juga: Beredar di Medsos, Benarkah Biaya Pasien Covid-19 Tak Ditanggung Kemenkes per 1 Oktober?

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.