Jaya Suprana
Pendiri Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan

Penulis adalah pendiri Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan.

Kekeliruan Kelirumologi Teori String

Kompas.com - 25/09/2021, 11:57 WIB
Seorang wanita yang sedang bingung SIphotographySeorang wanita yang sedang bingung

MENDENGAR kabar bahwa apa yang disebut sebagai string theory  atau teori string dianggap gagal mempersatukan hukum-hukum ilmu fisika menjadi theory of everything (teori segalanya), maka Pusat Studi Kelirumologi menelaah apa sebenarnya yang keliru sehingga string theory dianggap gagal mempersatukan hukum-hukum ilmu fisika menjadi theory of everything yang konon sempat menghebohkan dunia fisika sekaligus matematika serta mereka yang mau menghebohkannya.

Penelitian

Tim pemikir Pusat Studi Kelirumologi mencoba menerawang pengembangan dan perkembangan eksperimental sekaligus teoritikal yang berhasil menciptakan apa yang dianggap sebagai keberhasilan fenomenal apa yang disebut sebagai “Standard Model” fisika partikel pada sekitar medio tahun 70an abad XXI.

(Mohon dimaafkan saya memang kerap menggunakan istilah “apa yang disebut sebagai” sebab semua apa yang disebut sebagai itu bukan bikinan saya sendiri).

Meski dianggap sukses besar namun konon apa yang disebut sebagai “Standard Model” dianggap belum berhasil menjawab segenap pertanyaan mau pun perjuangan tak kenal henti para fisikawan menemukan jawaban yang konon malah membuka gerbang ke apa yang disebut sebagai superstring theory.

Kandas

Jika Anda mengerti makna kalimat-kalimat yang saya tulis berdasar penelitian Pusat Studi Kelirumologi berarti Anda memang hebat.

Meski jika tidak mengerti bukan berarti Anda tidak hebat sebab saya sendiri tidak terlalu mengerti apa yang saya tulis.

Sebenarnya tim pemikir yang tergabung pada Pusat Studi Kelirumolgi sejak semula tidak terlalu bersemangat meneliti string theory apalagi superstring theory sebab terkesan saya sendiri sebagai pendiri Pusat Studi Kelirumologi sama sekali tidak mengerti apa yang ditugaskan bagi mereka untuk meneliti.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Semangat makin pudar setelah saya menemukan sebuah buku tulisan seorang fisikawan partikel merangkap guru besar departemen matematika Universitas Columbia, New York bernama Peter Woit dengan judul Not Even Wrong dengan subjudul tidak kalah memudar semangat yaitu The Failure of String Theory and the Continuing Challenge To Unify The Laws of Physics.

Akhirnya, proyek penelitian Pusat Studi Kelirumologi terhadap string theory yang ternyata menurut Prof Peter Woit Not Even Wrong kandas di tengah proses penelitian.

Memang keliru meneliti sesuatu kekeliruan yang dianggap oleh para ilmuwan sebagai Not Even Wrong alias bahkan tidak keliru.

Sebab sebenarnya bukan keliru atau tidak keliru namun bahkan malah tidak ada. Agak-agak mirip judul mahakarya William Shakespeare Much Ado About Nothing alias heboh mubazir tentang sesuatu yang tidak ada.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.