Kompas.com - 18/09/2021, 20:35 WIB
Ilustrasi merger Indosat dan Tri. KOMPAS.com/ Galuh Putri RiyantoIlustrasi merger Indosat dan Tri.

KOMPAS.com - Indosat Ooredoo dan Tri akhirnya resmi merger atau menggabungkan bisnis mereka. Perusahaan gabungan itu diberi nama PT Indosat Ooredoo Hutchison Tbk.

Chairman of the Board of Directors at Ooredoo Group H.E. Sheikh Faisal Bin Thani Al Thani memaparkan, penggabungan kedua bisnis tersebut merupakan transaksi besar untuk Asia dan Ooredoo group.

Khusus untuk Ooredoo Group, merger ini diharapkan dapat memberikan nilai tambah lewat portofolio dan mempercepat proses digitalisasi bisnis global.

"Saya juga menantikan kerja sama ke depannya untuk membangun Indosat Ooredoo Hutchison menjadi perusahaan digital yang unggul di Indonesia," ujar Sheikh Faisal Bin Thani Al Thani.

Baca juga: Menagih Janji-janji Jokowi...

Janji Jokowi beli saham Indosat

Diketahui, wacana pembelian kembali (buyback) Indosat pertama kali menyeruak ketika Pemilu 2014.

Dalam debat calon presiden saat itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjanji akan membeli kembali saham Indosat yang dulu pernah dilepas pemerintah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ke depan, saya kira kuncinya cuma satu, yaitu kita buyback (Indosat-red). Kita ambil kembali saham itu dan menjadi milik kita lagi. Oleh sebab itu, ke depan, ekonomi kita harus di atas 7 persen," kata Jokowi, menjawab pertanyaan Prabowo, dikutip dari pemberitaan Kompas.com, 23 Juni 2014.

Baca juga: Janji Jokowi di Hari TNI, Tingkatkan Tunjangan hingga Tambahan 60 Jabatan untuk Perwira Tinggi

Bahkan, Jokowi memandang Indosat bisa berperan penting dalam mengoperasikan satelit untuk mengembangkan teknologi pesawat tanpa awak atau drone.

Menurutnya, buyback Indosat bisa tercapai jika pertumbuhan ekonomi mencapai 7 persen.

Untuk diketahui, pemerintah pada 2002 melepas 41,9 persen saham yang dibeli Ooredoo.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.