Kompas.com - 12/09/2021, 19:15 WIB
Warga mendoakan atau mengupacarai hiu tutul yang matidi perairan Pantai Pekutatan, Jembrana, Bali, Selasa (29/9/2020) pukul 06.00 WITA.  di Istimewa/ BKSDA BaliWarga mendoakan atau mengupacarai hiu tutul yang matidi perairan Pantai Pekutatan, Jembrana, Bali, Selasa (29/9/2020) pukul 06.00 WITA. di

KOMPAS.com - Tahukah Anda bahwa hiu tutul adalah hewan terbesar di dunia?

Hewan yang memiliki nama Latin Rhincodon typus ini sangat mudah dikenali karena memiliki totol-totol putih dan garis di kuitnya. Nama hiu tutul diambil dari totol putih di sekujur tubuhnya itu.

Selain hiu tutul, ada pula yang menyebutnya dengan hiu paus. Orang-orang di Probolinggo, Jawa Timur menyebut hewan ini hiu geger lintang. Sementara, orang-orang Papua menamainya gurano bintang.

Diberitakan Kompas.com, Jumat (10/9/2021), warga Desa Paloh, Kecamatan Paciran, Lamongan menemukan seekor hiu tutul dengan panjang sekitar 7 meter, terdampar di pinggir pantai.

Melihat kondisi hiu yang semakin lemah, sejumlah nelayan bergotong royong mengembalikan hewan itu ke laut.

Menurut peneliti, ikan terbesar di dunia ini memang kerap ditemukan di perairan bagian utara Pulau Jawa.

Baca juga: Penjelasan Ahli soal Kawanan Hiu Tutul di Perairan Utara Lamongan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mari mengenal hiu tutul!

Ikan yang dilindungi

Pada tahun 2000, hiu tutul masuk dalam daftar merah untuk spesies terancam oleh International Union for Conservation of Nature (IUCN) dengan status rentan.

Artinya, populasinya diperkirakan sudah mengalami penurunan sebanyak 20-50 persen dalam kurun waktu 10 tahun atau tiga generasi.

Oleh karena itu, sejak 20 Mei 2013, berdasarkan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 18/Kepmen-KP/2013 menetapkan status hiu tutul untuk mendapatkan perlindungan penuh.

Hiu tutul dilindungi karena memiliki karakteristik biologi dengan pertumbuhan dan proses kematangan kelamin yang lambat sehingga rentan punah.

Mengutip Monitoring Hiu Paus di Indonesia tahun 2015, Hiu paus di indonesia dapat ditemui antara lain di perairan Sabang, Situbondo, Bali, Nusa Tenggara, Alor, Flores, Sulawesi Utara, Maluku, dan Papua.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.