Kompas.com - 10/09/2021, 14:35 WIB
Ilustrasi hoaks, hoax ShutterstockIlustrasi hoaks, hoax

KOMPAS.com - Sejak disalurkannya berbagai bantuan pemerintah pada masa pandemi virus corona, banyak misinformasi yang menyebar, terutama link atau tautan palsu yang diklaim sebagai link bantuan sosial (bansos).

Informasi link palsu ini terus menyebar dan menjadi hoaks berulang. Tujuannya, mengumpulkan data pribadi dan diduga sebagai modus phishing.

Yang terakhir, berbagai narasi hoaks link bansos Rp 600.000 yang akan disalurkan pada bulan September ini.

Dalam narasinya yang dikutip Kompas.com, 6 September 2021, para pengunggah juga menyertakan link untuk mengecek status apakah menerima bantuan atau tidak.

Setelah masuk ke link tersebut, ada permintaan untuk meng-input Nomor Induk Kependudukan (NIK). Kemensos menyebut informasi tersebut hoaks.

Pastikan hanya mengakses link resmi Kemensos jika terkait bansos.

Oleh karena itu, masyarakat diminta untuk selalu waspada dan tidak sembarangan membagikan data pribadinya pada link yang tidak diketahui kebenarannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: [HOAKS] Bantuan PPKM Rp 500.000, Cek di Heylink.me/bantuanppkm

Cek ricek

Ahli IT yang juga dosen Ilmu Komputer Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Rosihan Ari Yuana mengingatkan masyarakat untuk tidak sembarangan mengeklik tautan yang disebarkan melalui pesan berantai. Apalagi mengisi dan membagikan data dirinya.

Diberitakan Kompas.com, 9 Mei 2020, Rosihan mengatakan, jika mendapatkan informasi seperti itu, sebaiknya melakukan penelusuran untuk memastikan kebenarannya.

“Cek ke situs yang diberikan tersebut. Apabila ada sesuatu yang ganjil atau tidak masuk akal, maka abaikan. Atau coba cari informasi tentang berita tersebut di Google. Biasanya kalau berita itu valid, juga akan ada press release dari pihak penyelenggara program tersebut melalui situs berita resmi,” kata Rosi.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.