Kompas.com - 09/09/2021, 08:30 WIB
Titik ledak di depan Gedung Kedutaan Besar Australia di Kuningan, Jakarta Selatan, 9 September 2004. KOMPAS/YUNIADHI AGUNGTitik ledak di depan Gedung Kedutaan Besar Australia di Kuningan, Jakarta Selatan, 9 September 2004.

KOMPAS.com - Hari ini 17 tahun lalu, tepatnya 9 September 2004, sebuah bom meledak di depan Kantor Kedutaan Besar (Kedubes) Australia, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan.

Ledakan itu berasal dari bom mobil, modus yang mirip dengan kejadian di Bali dan Hotel JW Marriott Jakarta.

Harian Kompas, 10 September 2004 memberitakan, ledakan bom tersebut juga menimbulkan kerusakan parah pada belasan gedung di sekitarnya yang berjarak sekitar 300 meter.

Beberapa gedung yang rusak berat-selain Kantor Kedubes Australia-di antaranya Plaza 89, Kantor Kementerian Urusan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Menara Gracia, Graha Binakarsa, Sentra Mulia, dan kantor eks Bank Uppindo.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Brianna LaHara, Anak Berusia 12 Tahun Dituntut karena Download Musik Ilegal

Lubang diameter 2 meter

Di pusat ledakan, terdapat lubang berdiameter sekitar dua meter dengan kedalaman tak sampai satu meter.

Pusat ledakan itu persis berada di depan hidran sehingga air langsung menggenangi lokasi tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seorang pejabat keamanan Malaysia meyakini, Dr Azahari Husin berada di balik ledakan tersebut.

Azahari merupakan tokoh yang kini diburu pihak keamanan internasional karena diduga terlibat dalam sejumlah pengeboman di Indonesia, termasuk bom Bali bulan Oktober 2002 yang menewaskan 202 orang.

"Kami percaya Azahari di belakang peledakan bom ini. Ia memiliki keahlian untuk merakit bahan peledak untuk peledakan bom dengan skala sebesar ini," kata pejabat yang tidak bersedia disebutkan namanya itu.

Sesaat setelah kejadian ini, polisi menetapkan empat orang sebagai tersangka. Dari empat orang itu, tiga tersangka di antaranya berinisial UB, IS, dan DN.

Halaman:
Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.