Hari Ini dalam Sejarah: Brianna LaHara, Anak Berusia 12 Tahun Dituntut karena Download Musik Ilegal

Kompas.com - 08/09/2021, 09:15 WIB
Ilustrasi download musik simpson33Ilustrasi download musik

KOMPAS.com - Hari ini 18 tahun yang lalu, atau tepatnya pada 8 September 2003, Brianna LaHara, seorang gadis berumur 12 tahun, dituntut oleh RIAA karena mengunduh (download) musik secara ilegal dari internet.

Sehari setelah tuntutan diajukan, kedua pihak setuju untuk menyelesaikan kasus dengan pihak Brianna LaHara membayar sejumlah uang.

Saat itu sudah menjadi rutinitas bagi label rekaman Big Five untuk menuntut orang yang tidak bersalah karena diduga membagikan musik secara online tanpa izin.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Letusan Hebat Gunung Tambora yang Mengubah Dunia

Melansir Tech News World, 19 Mei 2004, Brianna LaHara yang berusia 12 tahun adalah salah satu orang yang dituntut oleh Big Music.

Brianna Lahara diidentifikasi New York Post sebagai siswa berprestasi berusia 12 tahun yang tinggal di apartemen Otoritas Perumahan Kota New York.

Asosiasi Industri Rekaman Amerika (RIAA) menetapkan tim hukumnya pada Brianna LaHara karena diduga men-download “If You’re Happy and You Know It” dan the Family Matters.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kami mencoba untuk mengirim pesan yang kuat bahwa Anda tidak anonim ketika Anda berpartisipasi dalam berbagi file peer-to-peer,” kata Mitch Bainwol, Ketua RIAA saat itu.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Virus Joker yang Dapat Kuras Isi Rekening

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.