Kompas.com - 04/09/2021, 09:53 WIB
Seorang penumpang mobil Pajero Sport terekam kamera saat membuang sampah ke kali di Jalan Moh. Kahfi 2, Jagakarsa, Jakarta Selatan pada Jumat (18/6/2021) siang. Dok. Faris HilmanSeorang penumpang mobil Pajero Sport terekam kamera saat membuang sampah ke kali di Jalan Moh. Kahfi 2, Jagakarsa, Jakarta Selatan pada Jumat (18/6/2021) siang.
Penulis Farid Assifa
|

KOMPAS.com - Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Selatan mengungkap identitas penumpang mobil Pajero Sport Z 1588 TC yang membuang sampah sembarangan di Jalan Moh Kahfi 2, Jagakarsa, Jakarta Selatan, pada 18 Juni lalu.

Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Selatan, M Amin meyebutkan pelaku sudah dikenai denda Rp 500.000 karena melanggar Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3 Tahun 2013 tentang Pengelolaan Sampah.

Amin menceritakan proses pencarian identitas penumpang Pajero yang membuang sampah sembarangan. Pihaknya pun berkoordinasi dengan kepolisian.

Baca juga: Penumpang Pajero yang Buang Sampah Sembarangan di Jagakarsa Terungkap

Ia juga berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Ciamis, Jawa Barat, untuk mencari identitas pemilik mobil tersebut. Sebab, pelat nomor mobil Pajero itu masuk wilayah Ciamis.

"Teryata mobil itu sudah pindah-pindah tangan. Mobilnya sudah dijual dan disewakan," kata Amin, Jumat (3/9/2021).

Proses pencarian identitas pelaku

Dikatakan, proses pencarian identitas pemilik Pajero itu berlangsung cukup lama. Sebab, mobil tersebut sudah berpindah tangan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Akhirnya Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta selatan menemukan identitas penumpang Pajero yang membuah sampah sembarangan itu. Pelaku tinggal di Jakarta Barat dan ia pun dipanggil Dinas Lingkungan Hidup DKI.

"Pelaku pria. Dia didenda Rp 500.000. Yang dibuang itu sampah plastik," kata Amin.

Amin menduga pelaku tidak memiliki kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Perkara itu berawal dari video yang viral di media sosial dan diunggah oleh seseorang bernama Fariz Hilman.

Baca juga: Penumpang Pajero Sport Buang Sampah ke Kali Jagakarsa Terancam Denda Rp 500.000

Ia merekam seorang penumpang mobil pajero membuang sampah sembarangan ke kali.

Menurut Fariz, penumpang tersebut sudah 6 kali membuang sampah sembarangan.

Ia sempat menegur penumpang tersebut. Namun tidak digubris dan pelaku merasa tidak bersalah. Malah, penumpang itu marah ke Fariz karena ditegur. (Sumber: Kompas.com/ Penulis: Wahyu Aidtyo Prodjo | Editor: Egidius Patnistik)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.