Kompas.com - 02/09/2021, 16:00 WIB
Agar berbunga, hindari kesalahan-kesalahan dalam proses menanam mawar. Unsplash/Sindy StrifeAgar berbunga, hindari kesalahan-kesalahan dalam proses menanam mawar.

KOMPAS.com - Siapa yang tak menyukai mawar. Pigmen kuat pada kelopak-kelopaknya membuat mawar menjadi bunga favorit banyak orang.

Beberapa menyukai buket mawar yang sudah dipetik dari tangkainya, beberapa lagi memilih menikmati mawar yang mekar alami di kebun-kebun rumahan.

Menanam dan membudidayakan tanaman mawar sebenarnya hal yang cukup mudah. Namun untuk membuat mawar terus berbunga lebat, adalah persoalan yang lain lagi.

Jika Anda melakukan beberapa kesalahan dalam menanam mawar, maka Anda terancam tak bisa menikmati kelopak mawar yang cantik dan menggemaskan. Mungkin tanaman tetap tumbuh, namun bunga urung untuk keluar.

Beberapa kesalahan di bawah ini, adalah kesalahan-kesalahan yang kerap dilakukan oleh para penggemar mawar dalam membudidayakan tanaman favoritnya.

Baca juga: Tips Mengawetkan Bunga Segar di Dalam Vas

1. Menanam mawar di tempat yang salah

Ilustrasi berkebunPexels Ilustrasi berkebun
Dilansir dari Better Homes & Gardens, sangat penting membaca label yang ada di tiap kemasan bibit mawar.

Karena varietas mawar sangat beragam, dengan metode penanaman dan perawatan yang sangat beragam pula.

Mawar dengan kelopak lebar dan padat, tentu saja tak akan bisa tumbuh maksimal jika diletakkan di pot kecil dengan lahan terbatas.

Atau jenis mawar yang membutuhkan banyak asupan matahari, tentu saja juga tak akan tumbuh subur jika diletakkan di pojok yang teduh.

Baca juga: Cara Tepat Menanam Mawar dari Benih

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.