Kompas.com - 29/08/2021, 13:45 WIB
Kucing berkomunikasi dengan sesamanya melalui beragam cara. Unsplash/Dietmar LudmannKucing berkomunikasi dengan sesamanya melalui beragam cara.

KOMPAS.com - Kucing selalu terlihat cuek terhadap lingkungan di sekitarnya, terutama kepada manusia yang ada di sekelilingnya.

Lantas bagaimana terhadap sesamanya? Baik terhadap kucing rumahan atau kucing liar yang banyak terdapat di komplek-komplek hunian? Apakah kucing juga tidak peduli ataukah berkomunikasi layaknya kita terhadap sesama kita?

Kucing ternyata juga bisa berkomunikasi terhadap sesamanya. Dilansir dari PetMDkucing berkomunikasi dengan sesama kucing lewat suara, kontak fisik, pandangan mata dan pengeluaran bau atau cairan khusus.

Jika ingin tahu apa yang tengah "diperbincangkan" kucing Anda dengan kucing-kucing yang ada di sekelilingnya, Anda harus mencermati arti dari tingkah laku kucing berikut ini:

Baca juga: Membersihkan Bau Kotoran Kucing di Sekitar Hunian Rumah

1. Gerakan fisik

Ilustrasi kucing di jalanan.PIXABAY/LUKAS JANCICKA Ilustrasi kucing di jalanan.
Kucing berkomunikasi lewat mata, ekor, telinga, juga seluruh tubuh mereka. Kucing yang tengah dalam kondisi nyaman dan percaya diri akan menegakkan ekornya ke atas, telinga tegak ke depan dan tubuh berada dalam posisi tinggi sempurna.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketika kucing mendekati kucing lain yang tengah disukainya, akan ada perubahan gestur yang kentara, seperti ekor yang tegak namun mengarah ke depan. 

Nah, jika kehadiran kucing lain membuat ia merasa nyaman, kucing biasanya akan rebah dalam posisi telentang dan memperlihatkan area lemah mereka yaitu perut.

Namun jika kehadiran kucing lain mengintimidasi mereka, kucing akan menekuk ekornya di antara kedua kaki belakangnya dengan tubuh yang sedikit melengkung ke atas.

Baca juga: Kucing Juga Bisa Kedinginan, Cermati Gejala dan Cara Menghangatkannya

2. Pandangan mata

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.