Kompas.com - 21/08/2021, 06:48 WIB
Ilustrasi: fintech, pinjaman online ShutterstockIlustrasi: fintech, pinjaman online

KOMPAS.com - Tidak semua layanan pinjaman online (pinjol) beroperasi dengan izin atau legal. Banyak layanan pinjol yang beroperasi secara ilegal dan tidak terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Karena itu, masyarakat harus berhati-hati sebelum memutuskan menggunakan aplikasi pinjol. Mengapa demikian? Aplikasi pinjaman online ilegal sangatlah merugikan peminjam.

Dari beberapa kasus yang terjadi, tidak sedikit nasabah yang ditagih dengan jumlah yang berkali-kali lipat dibanding uang yang dipinjam.

Seperti kasus yang baru-baru ini menimpa guru honorer asal Semarang, yang menanggung utang sebesar Rp 206 juta di 40 pinjol ilegal.

Baca juga: Kenali Pinjaman Online Ilegal dan Cara Menghindarinya

Nasib serupa juga menimpa pegawai Pemerintah Kabupaten Boyolali yang ditagih utang Rp 75 juta setelah meminjam uang Rp 900.000 kepada salah satu pinjol ilegal.

Lalu bagaimana cara memastikan aplikasi pinjol itu ilegal atau tidak? Setidaknya ada dua cara yang bisa dilakukan.

Cara cek aplikasi pinjol ilegal

Untuk mengetahui apakah layanan pinjol tersebut legal atau ilegal, ada dua cara yang bisa dilakukan yakni:

1. Cek di situs resmi OJK

Cara pertama adalah mengecek layanan pinjol yang terdaftar di OJK. Jika ada layanan pinjol yang menawarkan peminjaman tapi belum terdaftar di OJK, jangan tergiur.

Untuk mengecek apakah aplikasi pinjaman online itu legal, atau terdaftar di OJK atau tidak, bisa dilihat di tautan berikut ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.