Kompas.com - 13/08/2021, 11:45 WIB
Ilustrasi tangan kidal Unsplash/Kelly SikkemaIlustrasi tangan kidal

KOMPAS.com - Setiap tanggal 13 Agustus diperingati sebagai Hari Pengguna Tangan Kiri Internasional atau Hari Kidal Internasional.

Perayaan unik ini dimulai pada tahun 1976 sebagai bentuk protes ketidaknyamanan para pengguna tangan kiri akan fasilitas umum di seluruh dunia yang didominasi hanya untuk pengguna tangan kanan.

Populasi pengguna tangan kiri memang minoritas, hanya sekitar 7-10 persen saja dari seluruh populasi masyarakat dunia.

Dengan adanya peringatan Hari Kidal Internasional, diharapkan akan semakin bertumbuhan kesadaran masyarakat untuk memenuhi fasilitas dan pelayanan umum khusus bagi mereka yang dominan menggunakan tangan kiri.

Selama ini pengguna tangan kiri masih sering diabaikan, dan mereka harus menyesuaikan diri menggunakan barang atau fasilitas publik yang disediakan hanya untuk mereka pengguna tangan kanan.

Pengguna tangan kiri yang dianggap unik, juga masih sering ditandai dengan berbagai mitos-mitos yang belum jelas kebenarannya.

Berikut ini mitos dan fakta yang ada di kehidupan si dominan tangan kiri:

Baca juga: Umur Berapa Tahu Kidal Singkatan Kiri dari Lahir? Ini Penjelasan Sebenarnya Menurut Ahli Bahasa

1. Mitos: pengguna tangan kiri lebih kreatif  

Ilustrasi seniUnsplash/Tetiana Shyskina Ilustrasi seni
Fakta yang beredar dan dipercaya banyak orang adalah bahwa orang dengan dominan tangan kiri lebih kreatif dalam bidang seni dibanding mereka yang dominan tangan kanan.

Faktanya, hampir sebagian besar pekerja seni kreatif justru tak didominasi oleh pengguna tangan kiri, namun pengguna tangan kanan.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.