Kompas.com - 06/08/2021, 10:02 WIB
Ilustrasi anak belajar daring, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama pandemi Covid-19. SHUTTERSTOCK/TRAVELPIXSIlustrasi anak belajar daring, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama pandemi Covid-19.

KOMPAS.comBantuan kuota internet gratis yang diperuntukkan bagi para pelajar dan tenaga pengajar diperpanjang hingga bulan Desember 2021.

Hingga saat ini, para pelajar masih melaksanakan pendidikan jarak jauh (PJJ) karena situasi pandemi Covid-19 yang belum memungkinkan sekolah tatap muka.

Oleh sebab itu, bantuan berupa kuota internet gratis masih menjadi kebutuhan bagi para pelajar dan pengajar.

Pemerintah telah menyiapkan dana sebesar Rp5,54 triliun untuk membiayai subsidi kuota internet tersebut.

Sebelumnya, pemberian bantuan kuota internet pada bulan Januari hingga Mei 2021 telah menghabiskan dana sebesar Rp3 triliun.

Baca juga: 7 Cara Hemat Kuota Data Internet Saat Zoom Meeting

Kuota internet gratis akan langsung disalurkan pada nomor telepon pelajar dan pengajar yang telah tercatat di sistem Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Bagi yang belum menerima bantuan karena belum mendaftar, berikut adalah cara mendaftar bantuan kuota internet gratis, sebagaimana dilansir dari Kemendikbud melalui Kompas.com:

1. Calon penerima harus lapor kepada pimpinan satuan pendidikan sebelum waktu penyaluran bantuan

2. Pimpinan satuan pendidikan akan mengunggah surat pernyataan tanggung jawab mutlak (SPTJM), untuk nomor telepon yang berubah atau nomor baru, di laman Kemendikbudristek.

Besaran bantuan yang diberikan berbeda-beda, bergantung pada jenjang pendidikan pelajar dan pengajar.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber Kompas.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.