Bingungologi Sumbangsih Rp 2 Triliun

Kompas.com - 03/08/2021, 18:44 WIB
Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri, bersama Gubernur Sumsel Herman Deru menerima bantuan sebesar Rp 2 triliun dari keluarga pengusaha asal Langsa, Aceh Timur, Almarhum Akidi Tio untuk dana penanganan Covid-19, Senin (26/7/2021). DOK. HUMAS POLDA SUMSELKapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri, bersama Gubernur Sumsel Herman Deru menerima bantuan sebesar Rp 2 triliun dari keluarga pengusaha asal Langsa, Aceh Timur, Almarhum Akidi Tio untuk dana penanganan Covid-19, Senin (26/7/2021).

DI tengah suasana prihatin akibat pagebluk Corona alih-alih mereda malah mengganas mendadak muncul sebuah berita menghebohkan.

Berita heboh itu disertai foto menampilkan adegan para ahli waris Akidi Tio secara simbolis menyerahkan sumbangsih sebesar Rp 2.000.000.000.000 (dengan duabelas nol setelah angka 2 yang berarti dua triliun) kepada pemerintah provinsi Sumatera Selatan.

Upacara penyerahan sumbangsih resmi diselenggarakan pada tanggal 26 Juli 2021 di Mapolda Sumsel dihadiri tidak kurang dari Gubernur dan Kapolda Sumsel.

Fantastis

Terkesan oleh jumlah dana sumbangsih fantastis, manajemen MURI mewacanakan penghargaan atas sumbangsih terbesar dari warga untuk mendukung upaya menanggulangi pagebluk Corona.

Akibat tidak diketahui kepada siapa anugerah diserahkan maka tim pencari fakta rekor MURI turun ke lapangan untuk mencari siapa ahli waris almarhum Akidi Tio yang berhak menerima penghargaan.

Sementara tim MURI belum berhasil menemukan ahli waris Akidi Tio mendadak pada hari Senin 2 Agustus 2021 muncul berita bahwa putri Akidi Tio yang bernama Heriyanti alias Ahong dijemput langsung oleh Direktur Intelkam Polda Sumsel, Kombes Pol Ratno Kuncoro kemudian dibawa ke Mapolda Sumsel untuk menjalani pemeriksaan.

Dinyatakan bahwa Heriyanti ditetapkan sebagai tersangka kasus sumbangsih Rp 2 triliun yang diduga tidak benar alias penipuan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jelas berita kedua tidak kalah heboh ketimbang berita pertama tentang sumbangsih Rp 2 triliun oleh para ahli waris Akidi Tio kepada Pemprov Sumsel untuk mendukung program penanggulangan pagebluk Corona.

Berita-berita susulan 

Namun pada hari yang sama muncul berita susulan bahwa pihak Polda Sumsel tegas membantah Heriyanti sudah jadi tersangka.

"Statusnya saat ini masih proses pemeriksaan," kata Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Supriadi di Mapolda Sumsel, Senin (2/8/2021).

Baca juga: Sumbangan Rp 2 Triliun Anak Akidi Tio Bukan Prank, Polisi: Belum Bisa Cair karena Masalah Teknis

 

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.