Kompas.com - 31/07/2021, 18:02 WIB
Ilustrasi batuk kering sebagai salah satu gejala Covid-19. SHUTTERSTOCKIlustrasi batuk kering sebagai salah satu gejala Covid-19.

KOMPAS.com – Covid-19 merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2. Salah satu organ yang diserang oleh virus tersebut adalah organ pernapasan.

Sementara itu, infeksi sinus merupakan masalah kesehatan yang terjadi ketika cairan menumpuk di sinus hingga kuman, bakter, dan virus berkembang biak dan mengakibatkan infeksi.

Infeksi sinus dan Covid-19 memiliki gejala yang mirip sehingga cukup sulit untuk membedakannya.

Satu-satunya cara yang tepat untuk memastikan apakah seseorang terinfeksi Covid-19 atau tidak adalah dengan tes swab PCR atau antigen.

Sebelum itu, mengenali perbedaan mendasar antara Covid-19 dan infeksi sinus juga penting untuk langkah penanganan dini.

Baca juga: 5 Fakta Penyakit Jamur Hitam: Dari Penyebab, Gejala, hingga Cara Mencegahnya

Perbedaan Covid-19 dan infeksi sinus

Diberitakan Kompas.com, Senin (26/7/2021), Covid-19 dan infeksi sinus memiliki beberapa gejala yang sama, yakni sakit kepala, sakit tenggorokan, batuk, demam, kelelahan, dan hidung meler atau tersumbat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di samping itu, infeksi sinus juga menimbulkan gejala lain yang tidak dirasakan oleh penderita Covid-19, yaitu nyeri sinus yang terasa di sekitar pipi bagian atas, dahi, atau bagian dalam mata, sakit gigi, bau mulut, warna lendir berbeda, dan tetesan postnasal.

Gejala-gejala tersebut biasanya muncul secara bersamaan dengan gejala infeksi sinus yang umum seperti pilek dan hidung tersumbat.

Sementara itu, gejala Covid-19 yang berbeda dari infeksi sinus adalah sesak napas, sakit dan nyeri tubuh, masalah pencernaan, dan kehilangan penciuman atau peraa.

Pasien Covid-19 bisa mengalami kehilangan indra penciuman atau perasa tanpa diikuti gejala hidung meler atau tersumbat.

Baca juga: Lebih 14 Hari Belum Sembuh, Kenali Tanda Gejala Long Covid

Halaman:

Sumber Kompas.com
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.