Studi Sebut Ada 200 Gejala Long Covid, Salah Satunya Masalah Memori

Kompas.com - 24/07/2021, 16:45 WIB
Ilustrasi long covid Anastasia Gepp/ PixabayIlustrasi long covid

KOMPAS.com – Dalam beberapa kasus, infeksi Covid-19 dapat menimbulkan sindrom pasca Covid-19 atau long Covid.

Gejala long Covid bisa berbeda-beda. Peneliti mengatakan, kemungkinan ada sekitar 200 gejala long Covid, di antaranya adalah halusinasi dan penurunan ukuran penis atau testis.

Dilansir The Independent melalui Kompas.com (16/7/2021), sebuah studi baru oleh tim peneliti di University College London (UCL) menunjukkan, long Covid dapat menyebabkan lebih banyak gejala daripada yang telah diperkirakan.

Studi tersebut menghimpun data dari 3.762 orang yang berasal dari 56 negara hingga berhasil mendeteksi 203 gejala long Covid di 10 sistem organ tubuh.

“Seluruh tim peneliti adalah pasien long Covid. Itulah yang membuat kami unik dan memungkinkan kami mengidentifikasi gejala yang kurang diketahui publik yang dialami pasien long Covid,” ujar Hannah Davis, peneliti utama.

Baca juga: Gejala Long Covid yang Sering Dialami Penyintas dan Cara Mengatasinya

“Kebanyakan orang tidak menyadar seberapa panjang gejala Covid-19 yang multi-sistemik dan bagaimana sebagian besar pasien mengalami lusinan gejala di berbagai sistem organ,” imbuhnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagai pasien long Covid, Davis mengatakan bahwa ia mengalami disfungsi kognitif yang buruk, kehilangan memori, dan takikardia postural atau denyut jantung super tinggi setelah berdiri.

Ia menjelaskan bahwa hingga saat ini belum ada biomarker (molekul yang mengonfirmasi keberadaan virus atau penyakit tertentu) untuk long Covid.

Meski menimbulkan banyak sekali gejala, menurut Davis, long Covid tetap bisa dikendalikan, mengingat banyak gejala baru yang dialami pasien, multi-sistemik dari gejala long Covid, dan gejala yang dapat dikenali, yang mana ini tidak umum pada penyakit lain.

Berikut adalah beberapa gejala long Covid yang berhasil diidentifikasi oleh tim peneliti dari UCL:

Baca juga: 5 Gejala Covid-19 pada Orang yang Sudah dan Belum Divaksin

1. Kardiovaskular

Pembekuan darah, pingsan, tekanan darah tinggi atau rendah, vena menonjol atau meradang, detak jantung cepat.

2. Kulit

Gatal, kuku rapuh atau berubah warna, ruam, kulit mengelupas.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Sumber Kompas.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.