Isoman dan OTG Covid-19, Perlukah Rontgen Paru-Paru? Ini Saran Dokter

Kompas.com - 30/07/2021, 20:26 WIB
Ilustrasi paru-paru yodiyimIlustrasi paru-paru

KOMPAS.com – Bagi mereka yang terinfeksi virus corona dengan gejala ringan maupun tanpa gejala, biasanya akan diminta melakukan isolasi mandiri di rumah atau fasilitas yang disediakan.

Di media sosial, ramai pula yang menanyakan apakah jika positif Covid-19 tanpa gejala atau gejala ringan perlu memeriksakan kondisi paru-paru?

Seperti diketahui, virus corona penyebab Covid-19 menyerang saluran pernapasan sehingga ada kekhawatiran mengenai kondisi paru-paru pasien tersebut.

Dokter Spesialis Paru dan Konsultan Onkologi di RSUD dr. Pirngadi Medan, Dr. Moh Ramadhani Soeroso, M.Ked(Paru),Sp.P-K.Onk, menyarankan agar pasien isolasi mandiri melakukan rontgen toraks.

“Ada baiknya (pasien isoman) rontgen paru. Semua pasien saya isoman rontgen paru,” ujar Ramadhani, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (30/7/2021).

Baca juga: Banyak Pasien Isoman Covid-19 Meninggal Dunia, Ini Saran Epidemiolog

Ia mengatakan, rontgen paru penting untuk menilai apakah ada infeksi paru atau tidak yang ditandai dengan adanya bercak putih.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Rontgen paru dinilai apakah ada infeksi paru yaitu bronkopneumonia bilateral gambaran bercak putih berawan di kedua paru, ini khas untuk penyakit Covid-19,” ujar dia.

Ramadhani menyebutkan, akan lebih baik lagi jika ternyata pasien tersebut memiliki bronkopneumonia bilateral untuk melanjutkan pemeriksaan CT scan toraks untuk melihat GGO (ground glass opacity).

Jika ada infeksi paru-paru, maka yang perlu dilakukan pengobatan dengan obat yang dianjurkan dokter.

Sebelumnya, Ketua Satgas Covid-19 dari Ikataan Dokter Indonesia (IDI) Zubairi Djoerban juga menyarankan hal yang sama.

Baca juga: Fasilitas Isoman di Hotel untuk Anggota DPR dan Sense of Crisis Wakil Rakyat...

Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.