Stasiun Oksigen 24 Jam di Surabaya: Sama-Sama Antre tapi Gratis

Kompas.com - 17/07/2021, 18:30 WIB
KUNJUNGI—Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berkunjung ke pabrik distributor oksigen milik PT. Samator Gas Industri Madiun, yang berada di  Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun, Senin (12/7/2021) siang. Kunjungan Khofifah untuk memastikan ketersediaan oksigen medis di pabrik tersebut. KOMPAS.COM/MUHLIS AL ALAWIKUNJUNGI—Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berkunjung ke pabrik distributor oksigen milik PT. Samator Gas Industri Madiun, yang berada di Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun, Senin (12/7/2021) siang. Kunjungan Khofifah untuk memastikan ketersediaan oksigen medis di pabrik tersebut.

KOMPAS.com - Mulai hari ini, Sabtu (171/7/2021), pemerintah Provinsi Jawa Timur memberikan layanan pengisian oksigen gratis kepada masyarakat yang sedang menjalani isolasi mandiri. Stasiun pengisian ini bisa didapatkan warga Jawa Timur di tiga lokasi, yakni Kota Surabaya, Kabupaten Gresik, dan Kabupaten Sidoarjo.

Hari pertama pembukaan stasiun ini disambut antusiasme warga Jatim. Di Surabaya, puluhan warga mengantre di halaman kantor Dinas Perhubungan Provinsi Jatim, di Jalan Ahmad Yani, demi anggota keluarga yang sedang menjalani isolasi mandiri.

Warga sekitar yang tinggal di dekat kantor Dishub merasa terbantu. Warga Sidoarjo, Agnes Heppy memilih layanan tabung oksigen yang disediakan Pemprov Jatim karena lebih mudah didapatkan daripada layanan pengisian oksigen berbayar.

Ia rela sabar mengantre bersama puluhan warga lainnya. "Sama-sama antre, lebih baik di sini, gratis," katanya saat ditemui Kompas.com, Sabtu (17/7/2021).

Baca juga: Gubernur Jawa Timur Sebut Stasiun Pengisian Ulang Oksigen Gratis Buka 24 Jam

Warga lain, Husni Marsha Aulia, menyebutkan layanan oksigen gratis untuk menghemat pengeluaran dalam keluarganya. "Biasanya habis Rp 250.000-Rp 300.000 per hari. Kalau ada gratis seperti ini lumayan membantu," ujarnya.

Dalam sehari, Husni bisa enam kali mengisi tabung oksigen berukuran 1M3 untuk orangtuanya yang terpapar Covid-19. Total dalam sehari, ia bisa menghabiskan biaya Rp 300.000 hanya untuk mengisi oksigen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di Surabaya, stasiun pengisian tabung oksigen gratis akan dipusatkan di kantor Dinas Perhubungan Provinsi Jatim Jalan Raya Ahmad Yani. Sementara di Kabupaten Gresik terpusat di Kantor Bersama Samsat Jalan Dr Wahidin Sudirohusodo.

Baca juga: Daftar 3 Tempat Isi Oksigen Gratis di Jatim yang Buka 24 Jam dan Cara Mendapatkannya

Untuk Kabupaten Sidoarjo juga di Kantor Bersama Samsat di Jalan Pahlawan.

Tiga lokasi pengisian oksigen gratis juga berlaku bagi kendaraan ambulans yang beroperasi membawa pasien Covid-19.

Apa saja syarat mengisi tabung oksigen gratis?

Pemerintah Provinsi Jatim memperkirakan kebutuhan oksigen untuk isolasi mandiri sebanyak 1 ton. Sedangkan total kebutuhan Rumah Sakit rujukan baik milik pemerintah maupun swasta sebanyak 599 ton dan Rumah Sakit Lapangan hampir 500 ton.

Halaman:

Sumber Kompas.com
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.