Update Corona Global 8 Juni 2021: India Gratiskan Vaksin untuk Seluruh Orang Dewasa | Pembelajaran Tatap Muka di New York

Kompas.com - 08/06/2021, 08:31 WIB

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 terus bergulir di tengah simpang siurnya kabar dari mana sesungguhnya virus corona pertama kali berasal.

Mengacu data Worldometer (8/6/2021), hingga Selasa (8/6/2021) pagi, total kasus infeksi di 222 negara dunia mencapai 174.359.814 kasus.

Dari jumlah itu, 2,1 persen di antaranya atau 3.751.620 berakhir dengan kematian.

Melihat angka kasus yang semakin bertambah setiap harinya, berbagai negara pun melakukan intervensi kebijakan beragam demi mengendalikan pandemi yang terjadi di wilayahnya.

Baca juga: Lonjakan Kasus Covid-19 dan Dimulainya Penyekatan Kendaraan di Jembatan Suramadu...

Berikut ini adalah sejumlah perkembangan penanganan Covid-19 di sejumlah negara dunia.

1. India

Perdana Menteri India Narendra Modi mengatakan, negara akan memberikan vaksin Covid-19 gratis kepada semua orang dewasa di wilayahnya setelah infeksi virus menyebabkan ratusan ribu penduduknya meninggal dan India menempati posisi kedua teratas sebagai negara dengan kasus infeksi tertinggi di dunia.

Mengutip Reuters (7/6/2021), Modi mengumumkan kebijakan ini melalui siaran televisi nasional sebagai upaya mengendalikan pandemi dan pencegahan gelombang ketiga.

Baca juga: WHO: Situasi di India Bisa Terjadi di Mana Saja

Hal ini ia kemukakan setelah menerima kritikan terkait peluncuran vaksin yang selama ini hanya mencakup kurang dari 5 persen penduduk dewasa India yang totalnya mencapai 950 juta jiwa.

"Baik itu masyarakat miskin, kelas menengah ke bawah, kelas menengah, atau kelas menengah atas, di bawah program pemerintah federal, setiap orang akan mendapatkan vaksin gratis," kata Modi.

Kebijakan ini akan mulai dijalankan 21 Juni mendatang.

Sebelumnya, penduduk yang menerima vaksin secara gratis hanyalah kelompok lansia dan pekerja garda terdepan, sementara orang dewasa usia 18-45 dikenakan biaya tertentu.

Baca juga: India Hadapi Kasus Jamur Hitam Mukormikosis, Apa Penyebabnya?

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.