[HOAKS] Kapal di Terusan Suez Mengangkut Korban Penculikan dan Senjata

Kompas.com - 29/05/2021, 21:20 WIB
Ilustrasi hoaks, hoax ShutterstockIlustrasi hoaks, hoax
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Di media sosial Facebook beredar informasi yang menyebutkan kapal kargo yang terjebak di Terusan Suez mengangkut korban penculikan dan senjata.

Narasi tersebut disertai gambar kargo bertuliskan "Evergreen" beserta jumlah korban selamat dan meninggal.

Dari penelusuran tim Cek Fakta Kompas.com, informasi tersebut tidak benar alias hoaks.

Bagian Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang bertanggung jawab atas keselamatan dan keamanan pengiriman, mengonfirmasi bahwa IMO tidak mengetahui informasi apa pun yang akan mendukung klaim bahwa Ever Given berkaitan dengan perdagangan manusia.

Narasi yang beredar

Informasi yang menyebutkan kapal kargo yang terjebak di Terusan Suez mengangkut korban penculikan dan senjata, diunggah oleh akun Facebook Hakim Waluyo.

Unggahan ini dibagikan pada Kamis (27/5/2021) pukul 14.34 WIB.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"1200 anak korban penculikan berhasil diselamatkan. Namun 1350 anak lainnya tak terselamatkan. Mereka dikurung dalam kontainer yang pengap, jauh dari nyaman dan sangat mengenaskan," tulis dia.

Unggahan itu menyebutkan, operasi senyap telah dijalankan dan penculikan ini didalangi oleh "para elit". 

"Kapal juga mengangkut senjata pengubah cuaca, senjata, bom dan rudal. Juga ditemukan vaksin palsu yang sangat mematikan, hulu ledak nuklir. Semuanya sudah disita oleh aliansi militer global yang disebut white hats," tulis dia.

Narasi itu juga menyertakan gambar sebuah kapal kargo bertuliskan "Evergreen", disertai tulisan "1.200 anak diselamatkan", "1.350 anak ditemukan tewas", berbagai senjata dan vaksin palsu.

Unggahan hoaks kapal Ever Given di Terusan Suez mengangkut korban penculikan, senjata dan vaksin palsu oleh akun Facebook Hakim Waluyo.Facebook Hakim Waluyo Unggahan hoaks kapal Ever Given di Terusan Suez mengangkut korban penculikan, senjata dan vaksin palsu oleh akun Facebook Hakim Waluyo.
Ada 2 hal yang perlu diverifikasi dari klaim di atas:

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Berkat konsistensinya, Kompas.com menjadi salah satu dari 49 Lembaga di seluruh dunia yang mendapatkan sertifikasi dari jaringan internasional penguji fakta (IFCN - International Fact-Checking Network). Jika pembaca menemukan Kompas.com melanggar Kode Prinsip IFCN, pembaca dapat menginformasikannya kepada IFCN melalui tombol di bawah ini.
Laporkan
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X