Kompas.com - 11/05/2021, 19:00 WIB
Tangkapan layar unggahan soal pengguna yang gagal dapat barang flash sale Shopee Tangkapan layar unggahan soal pengguna yang gagal dapat barang flash sale Shopee

KOMPAS.com - Sebuah twit tentang seorang yang batal mendapatkan barang di flash sale Shopee, viral di Twitter pada 5 Mei 2021.

Lewat akun Twitternya, @edo__________ dia menyebutkan bahwa jam tangan yang sudah dia beli tiba-tiba dibatalkan sepihak oleh Shopee. 

Kronologinya, dia membeli jam tangan di Shopee pada 5 Mei 2021 dan sudah melakukan checkout. Dia mengunggah bukti transaksi melalui twit itu. 

Harga jam tangan itu Rp 2,5 juta tapi karena masa flash sale, dia mendapatkan harga Rp 1.000.

Baca juga: Balita Ini Beli Es Krim Senilai Rp 37 Juta dengan Akun Amazon Ibunya

Pesanan dibatalkan

Namun sekitar 50 menit kemudian pesanannya di-cancel oleh Shopee. Keterangan yang tertera adalah pesanan dibatalkan karena ada permasalahan sistem.

Tidak lama kemudian akun Shopee-nya dibatasi. Pengembalian dana pun diproses ke akun ShopeePay miliknya. Dia mengaku membeli barang flash sale secara manual, tanpa menggunakan bot. Berikut narasi yang disampaikan oleh akun Twitter @edo__________:

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"FLASHSALE GIMMICK SHOPEE"
Jadi hari ini dapet flashsale fossil seharga 1k, udh seneng2 dpt flashsale tp setelah 50 menitan kena cancel dan ga lama kemudian akun gw dibatasi.
Btw, ini murni pake jempol gw. Ga make bot sama sekali, dan gw jg punya screen recordnya pas lagi dapetin fossil ini.
Jadi gimana ini?
@ShopeeCare
@ShopeeID
Buat kalian yg kena cancel jg bisa reply ya, gw yakin banyak yg kena cancel padahal murni manual pake tangan bukan pake bot"

Hingga Selasa (11/5/2021), Twit itu telah disukai lebih dari 20.700 kali, dibagikan ulang lebih dari 9.300 kali, dan dikomentari lebih dari 1.000 kali.

Kompas.com telah menghubungi pengunggah untuk mengonfirmasi akan tetapi tidak mendapatkan balasan.

Baca juga: Kuota Kemendikbud Ristek Cair Hari Ini, Bisa Digunakan untuk Akses Apa Saja?

Tanggapan Shopee

Kepala Kebijakan Publik Shopee Indonesia Radityo Triatmojo menjelaskan bahwa pihaknya telah menghubungi pemilik akun Twitter @edo__________ dan memberikan penjelasan.

"Akun dibekukan dan pesanan dibatalkan karena terdeteksi adanya kecurangan untuk sesi flash sale itu," katanya pada Kompas.com, Selasa (11/5/2021).

Dia menjelaskan, para pengguna yang mendapatkan stok promo flash sale spesial seperti itu akan melalui proses pengecekan dan validasi secara menyeluruh dari sistem dan tim internal.

"Shopee selalu mengutamakan keamanan dan kenyamanan berbelanja dan akan mengambil langkah tegas apabila ada tindakan yang merugikan para pengguna kami," imbuhnya.

Meski begitu pihaknya tidak menjelaskan lebih lanjut terkait bagaimana metode pengecekannya dan siapa yang berhasil mendapatkan barang flash sale pada akhirnya.

Baca juga: Film Samurai X Rurouni Kenshin: The Final Segera Tayang di Netflix


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X