Kompas.com - 11/05/2021, 18:00 WIB
Ilustrasi mengobrol Ilustrasi mengobrol

KOMPAS.com - Momen Lebaran atau Idul Fitri tinggal hitungan hari. Umat Muslim akan merayakannya dengan berkumpul bersama keluarga atau kerabat dekat.

Ketika berkumpul bersama keluarga, tidak jarang ada famili yang menanyakan hal-hal pribadi kepada kita.

Seperti "Kapan lulus?", "Bekerja di mana?", "Kapan nikah?", "Kapan punya anak?", dan pertanyaan klise lainnya. 

Deretan pertanyaan tersebut bagi sebagian orang terasa biasa dan dianggap basa-basi untuk memulai obrolan. Namun tak sedikit yang merasa risih. 

Baca juga: Sejarah dan Alasan Tidak Ada Ayah dalam Gambar Kaleng Khong Guan

Lantas, bagaimana menyikapi apabila mendapat deretan pertanyaan tersebut? 

Siapkan mental

Psikolog klinis Veronica Adesla mengungkapkan bahwa mereka yang diberi pertanyaan "kapan blablabla" merasa risih hingga malu.

"Perasaan yang muncul pada seseorang ketika ditanyai seperti itu ya risih, tidak nyaman, merasa terganggu, kesal, minder, malu, merasa gagal," ujar Vero saat dihubungi Kompas.com, Selasa (11/5/2021).

Untuk menghadapi pertanyaan tersebut, Vero menganjurkan kepada masyarakat untuk menyiapkan mental dan hari dari sebelumnya.

Menurut Vero, bisa juga dengan menanamkan mindset pikiran yang positif atau mengartikan bahwa jika ada yang bertanya artinya mereka peduli dan perhatian terhadap kita.

"Lalu, tanggapi dengan sikap yang juga positif dengan mengatakan untuk minta didoakan yang terbaik, atau dengan senyuman dan ucapan terima kasih sudah diperhatikan," ujar Vero.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X