5 Bantahan Telak Iwa Kartiwa atas Cerita Anton Charliyan soal KRI Nanggala-402

Kompas.com - 08/05/2021, 07:05 WIB
Mantan Dansatsel Koarmada II Kolonel Laut (P) Iwa Kartiwa dalam konferensi pers di RS AL Mintoharjo Jakarta, Selasa (4/5/2021). Kompas.com / IRFAN KAMILMantan Dansatsel Koarmada II Kolonel Laut (P) Iwa Kartiwa dalam konferensi pers di RS AL Mintoharjo Jakarta, Selasa (4/5/2021).

KOMPAS.com - Iwan Kartiwa membantah sejumlah pernyataan kakaknya, Anton Charliyan terkait kiprah Iwa selama bertugas di KRI Nanggala-402 yang tenggelam di perairan Bali dan menyebabkan 53 orang gugur.

Sebelumnya, Anton Charliyan membeberkan kiprah dan kondisi adiknya, Iwa Kartiwa, ketika berdinas di TNI Angkatan Laut.

Anton menyebutkan bahwa Iwa Kartiwa pernah menjadi komandan KRI Nanggala-402 yang karam di laut Bali. Kemudian Anton juga menceritakan kegetiran adiknya ketika berada di kapal selam.

Anton juga mengungkapkan keprihatinan Iwa setelah tidak lagi berdinas di kapal selam. Mulai terbaring sakit hingga terpaksa menjual rumah demi pengobatan Iwa.

Iwa juga disebut sakit akibat terlalu sering menghirup zat besi di kapal selam.

Namun cerita Anton tersebut dibantah oleh Iwa ketika ia menggelar konferensi pers di RS AL Mintoharjo, Jakarta Pusat, pada Selasa (4/5/2021).

Berikut bantahan Iwa atas pernyataan Anton Charliyan:

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Bukan komandan KRI Nanggala-402

Mantan Komandan Satuan Kapal Selam (Dansatel) Koarmada II Kolonel Laut (P) Iwa Kartiwa membantah dirinya pernah menjadi komandan di Kapal Selam KRI Nanggala-402. Iwan menegaskan bahwa dirinya adalah mantan komandan di Kapal Selam KRI Cakra-401.

Baca juga: Kolonel Iwa Kartiwa Sebut Dirinya Jadi Komandan di KRI Cakra-401, Bukan di KRI Nanggala-402

Namun Iwa sendiri mengakui memang pernah berdinas di Kapal Selam KRI Nanggala-402, namun jabatannya bukan komandan.

"Tapi, bukan enggak kami pernah layar di Nanggala, tapi kami di KRI Cakra sebagai komandan," kata Iwa.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X