Kompas.com - 05/05/2021, 18:00 WIB
Ilustrasi cuaca panas, heat stroke ShutterstockIlustrasi cuaca panas, heat stroke

KOMPAS.com - Sejumlah warganet di media sosial mengungkapkan cuaca panas beberapa hari terakhir.

Mereka mengunggah foto dari tangkapan layar aplikasi pendeteksi suhu cuaca di domisili masing-masing.

"Panas betul. Dom mu brp?" tulis akun Twitter @NAKDY096.

Ia mengunggah foto yang menampilkan suhu 30 derajat celsius di Kota Denpasar, Bali, pada Rabu, (5/5/2021) pukul 14.11 WIB.

"Panas hhh," tulis akun twitter @jjlinae1, yang mengunggah foto yang memperlihatkan suhu sebesar 32 derajat celsius di DKI Jakarta.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Mantap djiwa srayaaaa," tulis akun Twitter @HurufPertamaR, yang mengunggah foto yang memperlihatkan suhu 34 derajat celsius di wilayah Sumber, Solo.

Lantas, apa penyebab cuaca panas yang terjadi akhir-akhir ini?

Baca juga: Gempa M 5,7 Guncang Mentawai Terasa hingga Padang, Ini Analisis BMKG

Penjelasan BMKG

Kepala Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Miming Saepudin mengatakan, kondisi suhu panas di beberapa wilayah Indonesia umumnya terjadi cuaca cerah dan tingkat perawanan yang rendah.

Sehingga suhu terasa lebih panas atau terik, dan kondisi ini sangat normal terjadi terutama saat kondisi cuaca cerah pada siang hari.

"Kisaran suhu pada siang hari saat ini umumnya sekitar 33-36 derajat celsius, dan hal ini masih dalam kategori normal," ujar Miming saat dihubungi Kompas.com, Rabu, (5/5/2021).

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X