Kompas.com - 25/04/2021, 11:27 WIB
Ilustrasi berat badan, menurunkan berat badan. FREEPIK/FREEPIKIlustrasi berat badan, menurunkan berat badan.

KOMPAS.com - Sepanjang bulan Ramadhan, umat Muslim di seluruh dunia melaksanakan ibadah puasa, menahan makan dan minum sejak matahari terbit hingga terbenam.

Banyak orang berpikir dengan melakukan puasa, maka berat badannya akan turun. Akan tetapi, puasa tidak serta merta menurunkan berat badan.

Ada kiat-kiat untuk menurunkan berat badan selama Ramadhan sekaligus hidup sehat.

Baca juga: 5 Penyebab Berat Badan Naik meski Puasa

Apa saja kiatnya? Simak berikut ini!

1. Menjaga tubuh tetap terhidrasi

Melansir Daily Times, 28 April 2020, hidrasi adalah faktor penting dalam hal penurunan berat badan. Meski terlihat sulit, tapi minum 2 liter air atau 8 gelas per hari bisa dilakukan.

Caranya, dengan minum 2 gelas saat berbuka puasa. Lalu, 4 gelas air antara buka dan sahur. Kemudian, minum 2 gelas air saat sahur.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Minum 2 liter air per hari sepanjang bulan Ramadhan tidak hanya membantu detoksifikasi tubuh tetapi juga akan menjauhkan nafsu makan.

Minuman ekstra seperti minuman bersoda dan berkafein tidak dihitung sebagai air yang masuk. Jadi, berhati-hati dengan jenis cairan apa yang dikonsumsi selama jam non-puasa.

2. Menghindari makanan gorengan

Gorengan menjadi salah satu faktor kenaikan berat badan selama bulan Ramadhan. Seeringkali, kita menikmati makanan gorengan saat berbuka. Makanan yang digoreng mengandung kalori tinggi dan rendah nutrisi.

Daripada menggoreng makanan, pilih metode memasak yang lebih sehat seperti memanggang, mengukus, dan menumis.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X