Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Cara Menurunkan Berat Badan Selama Bulan Puasa

Kompas.com - 25/04/2021, 11:27 WIB
Nur Fitriatus Shalihah,
Inggried Dwi Wedhaswary

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sepanjang bulan Ramadhan, umat Muslim di seluruh dunia melaksanakan ibadah puasa, menahan makan dan minum sejak matahari terbit hingga terbenam.

Banyak orang berpikir dengan melakukan puasa, maka berat badannya akan turun. Akan tetapi, puasa tidak serta merta menurunkan berat badan.

Ada kiat-kiat untuk menurunkan berat badan selama Ramadhan sekaligus hidup sehat.

Baca juga: 5 Penyebab Berat Badan Naik meski Puasa

Apa saja kiatnya? Simak berikut ini!

1. Menjaga tubuh tetap terhidrasi

Melansir Daily Times, 28 April 2020, hidrasi adalah faktor penting dalam hal penurunan berat badan. Meski terlihat sulit, tapi minum 2 liter air atau 8 gelas per hari bisa dilakukan.

Caranya, dengan minum 2 gelas saat berbuka puasa. Lalu, 4 gelas air antara buka dan sahur. Kemudian, minum 2 gelas air saat sahur.

Minum 2 liter air per hari sepanjang bulan Ramadhan tidak hanya membantu detoksifikasi tubuh tetapi juga akan menjauhkan nafsu makan.

Minuman ekstra seperti minuman bersoda dan berkafein tidak dihitung sebagai air yang masuk. Jadi, berhati-hati dengan jenis cairan apa yang dikonsumsi selama jam non-puasa.

2. Menghindari makanan gorengan

Gorengan menjadi salah satu faktor kenaikan berat badan selama bulan Ramadhan. Seeringkali, kita menikmati makanan gorengan saat berbuka. Makanan yang digoreng mengandung kalori tinggi dan rendah nutrisi.

Daripada menggoreng makanan, pilih metode memasak yang lebih sehat seperti memanggang, mengukus, dan menumis.

Seimbangkan makanan Anda. Idealnya, setengah dari piring Anda harus berupa sayuran, seperempat protein tanpa lemak, dan seperempat biji-bijian kaya serat lainnya.

Baca juga: Pencegahan dan Pengobatan Diare Ketika Puasa

3. Jangan lupa sahur

Di bulan Ramadhan, sahur menggantikan sarapan. Sarapan menjadi hal yang penting, karena memberi energi pada tubuh untuk beraktivitas.

Melewatkan sahur adalah pilihan yang berisiko karena Anda akan cenderung lapar sepanjang hari.

Hal ini berakibat makan berlebihan saat buka puasa dan itu harus dihindari jika ingin melanjutkan perjalanan penurunan berat badan.

4. Membatasi konsumsi gula

Alasan terbesar lain dari kenaikan berat badan selama Ramadhan adalah konsumsi minuman dan manisan yang sarat dengan gula.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com