Viral, Unggahan Rambut Keriting Sering Dipotong Disebut Bisa Bikin Rambut Jadi Lurus, Ini Penjelasan Dokter

Kompas.com - 23/04/2021, 09:32 WIB
Tangkapan layar unggahan soal rambut keriting yang disebut bisa menjadi lurus dengan cara dipotong secara terus-menerus. TwitterTangkapan layar unggahan soal rambut keriting yang disebut bisa menjadi lurus dengan cara dipotong secara terus-menerus.

KOMPAS.com - Media sosial tengah diramaikan mengenai informasi seorang warganet yang memiliki rambut keriting kemudian sering dipotong hingga rambutnya menjadi lurus.

Adapun informasi ini diunggah oleh akun Twitter @ohmybeautybank pada Kamis (22/4/2021).

"[bb] I don't have any explanation kenapa rambutku sekarang lurus padahal dulu keriting kaya gitu, foto kiri tahun 2013 btw. Ada yang tau kenapa bisa gitu? Aku sering potong rambut sih, ngaruh ga ya?" tulis pengirim twit.

Baca juga: Ramai Slip Gaji Petugas Kebersihan Pertamina Rp 13 Juta, Benarkah?

Hingga Kamis (22/4/2021) malam, twit tersebut sudah disukai sebanyak 216 kali oleh pengguna Twitter lainnya.

Baca juga: Video Viral Semangka Digoreng, Begini Kata Ahli Gizi

Lantas, benarkah jika memiliki rambut keriting kemudian sering dipotong dapat membuat rambut jadi lurus?

Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman, dr Ismiralda Oke Putranti meyampaikan bahwa tidak ada kaitan mengubah bentuk rambut dengan memotong rambut.

"Tidak ada kaitannya rambut yang dipotong terus berubah jadi lurus atau bahkan sebaliknya berubah keriting," ujar Oke saat dihubungi Kompas.com, Kamis, (22/4/2021).

Menurutnya, tipe dan bentuk rambut bawaan terutama terkait dengan gen dan etinis tertentu.

Baca juga: 12 Tips Mengatasi Rambut Rontok, Apa Saja?

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X