Kompas.com - 22/04/2021, 20:30 WIB
Tangkapan layar unggahan foto berupa slip gaji bertuliskan petugas kebersihan PT Pertamina. FACEBOOKTangkapan layar unggahan foto berupa slip gaji bertuliskan petugas kebersihan PT Pertamina.

KOMPAS.com - Sebuah unggahan berupa foto yang menampilkan slip gaji yang berlogokan PT Pertamina (Persero) ramai di media sosial.

Dalam foto slip gaji yang diunggah oleh akun Facebook Ajis Bua tersebut menunjukkan gaji petugas kebersihan Pertamina mencapai Rp 13,6 juta.

"Panik nggak panik nggak panik lah masa tidak," tulis akun Facebook Ajis Bua, Minggu (11/4/2021).

Slip gaji tersebut tertanggal 7 April 2021 dengan rincian gaji pokok Rp 3 juta, bonus absen sebesar Rp 950.000, bonus kerja Rp 1,5 juta, dan lemburan Rp 8,17 juta.

Selain akun Ajis Bua, foto slip gaji serupa juga disebarkan oleh akun Facebook Rama CariCinta dan Sensor Jaya pada Kamis (8/4/2021).

Baca juga: Video Viral Semangka Digoreng, Begini Kata Ahli Gizi

Baca juga: Ramai soal Besaran Uang Pangkal di Jalur Mandiri, Ini Penjelasan LTMPT, UGM, dan IPB

Lantas, benarkah gaji petugas kebersihan di Pertamina mencapai Rp 13 juta?

Penjelasan Pertamina

Saat dikonfirmasi, Senior Vice President Corporate Communications & Investor Relations PT Pertamina (Persero) Agus Suprijanto membantah hal tersebut.

Agus menyebut, foto yang menunjukkan gaji petugas kebersihan Pertamina bernilai fantastis itu tidak benar adanya alias hoaks.

"Informasi berupa foto tersebut tidak benar atau hoaks lama," ujar Agus saat dihubungi Kompas.com, Kamis (22/4/2021) siang.

Baca juga: Viral Video Petugas SPBU Layani Pembelian BBM dengan Tandon Air

Agus menuturkan, seluruh pekerjaan yang bersifat pendukung di tubuh Pertamina, dilakukan oleh pihak ketiga. Termasuk petugas kebersihan.

Selain itu, slip gaji Pertamina tidak berupa tulisan tangan seperti yang tertera pada unggahan foto tersebut.

"Slip gaji tidak menggunakan tulisan tangan, sesuai dengan prosedur yang berlaku dan dilakukan secara profesional," papar Agus.

Berikutnya, kata Agus, Pertamina juga tidak memberlakukan pengunaan logo perusahaan dalam slip gaji karyawan.

"(Slip gaji) tidak menggunakan logo Pertamina," imbuhnya menjelaskan.

Baca juga: Unggahan Viral Mengapa Bus Tak Pernah Matikan Mesin Saat Isi BBM, Ini Jawabannya


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X