Unggahan Viral Mengapa Bus Tak Pernah Matikan Mesin Saat Isi BBM, Ini Jawabannya

Kompas.com - 30/07/2020, 13:10 WIB
Sebuah unggahan yang bernarasikan mengapa bus ketika mengisi bahan bakar minyak (BBM) tidak pernah mematikan mesinnya, viral di media sosial. facebook/fahmiSebuah unggahan yang bernarasikan mengapa bus ketika mengisi bahan bakar minyak (BBM) tidak pernah mematikan mesinnya, viral di media sosial.

KOMPAS.com - Sebuah unggahan yang bernarasikan mengapa bus ketika mengisi bahan bakar minyak ( BBM) tidak pernah mematikan mesinnya viral di media sosial.

Unggahan tersebut dibagikan oleh pemilik akun Facebook Fahmi di grup Facebook Info Warga Jember pada Selasa (28/7/2020).

Dalam unggahannya, pemilik akun Facebook membandingkan dengan sepeda motor dan mobil ketika mengisi BBM harus mematikan mesinnya terlebih dahulu.

Baca juga: Viral, Foto Bumbu Indomie Goreng Ada 2 Macam, Ini Penjelasan Indofood

Hingga berita ini diturunkan, unggahan tersebut telah disukai lebih dari 2.200 kali dan mendapat komentar lebih dari 1.200 kali.

Berikut narasi selengkapnya dari unggahan tersebut:

"Takon Lur..Knp ya klo bus besar ngisi BBM mesinnya ga di matikan..Tpi klo mobil2 kecil dan motor harus di matikan..," tulis akun Facebook Fahmi.

Baca juga: Viral soal Moebius Syndrome, Apa Itu?

Baca juga: Viral, Video Detik-detik Truk Cabai di Situbondo Oleng hingga Senggol Pemotor

Bagaimana penjelasannya?

Mencari tahu seperti apa penjelasan lebih lanjutnya, Kompas.com menghubungi dosen teknik mesin Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Dr Jayan Sentanuhudy.

Jayan menjelaskan bahwa terdapat satu alasan utama bus yang berbahan bakar solar tidak atau jarang mematikan mesinnya saat mengisi BBM di SPBU.

"Alasannya BBM jenis solar itu uapnya tidak sereaktif bensin, dan solar juga tidak mudah untuk menguap," kata Jayan saat dihubungi Kompas.com, Kamis (30/7/2020).

Baca juga: Viral Video POM Mini Meledak Akibat HP Diletakkan di Jok, Ini Faktanya

Menurut Jayan, semua bahan bakar dapat menguap dan BBM jenis bensin lebih mudah untuk menguap.

Halaman:

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X