Taifun Surigae Semakin Kuat, Ini Analisis BMKG dan Dampak ke Indonesia

Kompas.com - 20/04/2021, 17:30 WIB
Siklon tropis Surigae yag terpantau pada 20 Aoril 2021 pukul 07.00 wIB BMKGSiklon tropis Surigae yag terpantau pada 20 Aoril 2021 pukul 07.00 wIB

KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) masih memantau adanya Typhoon Surigae di wilayah perairan timur Filipina.

Hal tersebut berdasarkan analisis terbaru tanggal 20 April 2021 pukul 07.00 WIB.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto menjelaskan, intensitas Typhoon Surigae masih berada pada kategori sangat kuat.

"Dengan kecepatan angin maksimum di sekitar sistemnya mencapai 95 knot (176 km/jam) dan tekanan di pusatnya mencapai 935 hPa dengan pergerakan sistem ke arah timur laut," ujar Guswanto, dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Selasa (20/4/2021) siang.

Guswanto menambahkan, thypoon ini diprediksi masih bertahan di wilayah perairan Samudera Pasifik Barat sebelah timur Filipina dengan intensitas yang semakin melemah hingga 24 April 2021.

Baca juga: Siklon Surigae Berkembang Jadi Super Taifun, Apa Dampak ke Indonesia?

Dampak

Dampak signifikan cuaca dan gelombang ekstrem dari eksistensi Typhoon Surigae ini terjadi di wilayah Filipina.

Meski begitu, taifun ini berpengaruh secara tidak langsung terhadap kondisi cuaca dan gelombang di wilayah Indonesia.

"Typhoon Surigae posisinya sudah sangat jauh dari wilayah Indonesia, akan tetapi dampak tidak langsung terhadap kondisi cuaca dan gelombang di wilayah Indonesia masih dapat terjadi dalam 24 jam ke depan," kata Guswanto.

Dampak tidak langsung tersebut berupa potensi hujan dengan intensitas sedang-lebat, disertai kilat/petir serta angin kencang di wilayah Laut Sulu dan dan Laut Sulawesi, dengan dampak hujan di wilayah daratan tidak signifikan.

Selain itu, berpeluang terjadinya gelombang setinggi 1,25-2,5 meter di wilayah berikut:

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X