Mengusir Semut dengan Bahan Alami, Aman untuk Binatang Peliharaan Anda

Kompas.com - 20/04/2021, 10:30 WIB
Cara mengusir semut dengan bahan alami Unsplash/Amit TalwarCara mengusir semut dengan bahan alami

KOMPAS.com - Gangguan semut di dalam rumah seakan abadi. Di satu sudut sudah berhasil hilang, semut akan muncul berbaris di sudut rumah yang lain. Begitu terus yang akan terjadi.

Semut seakan tak pernah bisa dibasmi atau diusir pergi. Akibatnya, Anda jadi bingung untuk menyimpan bahan makanan di rumah Anda sendiri.

Beberapa bahan pestisida memang bisa digunakan untuk menyingkirkan semut dari dapur dan meja makan. Namun tentu saja, zat kimia membahayakan anggota keluarga terutama binatang peliharaan Anda.

Alangkah lebih bijak, jika Anda mengusir semut menggunakan bahan-bahan alami seperti di bawah ini.

Baca juga: Cara Alami Mengusir Lalat Buah dari Rumah, Pakai Cuka Apel

1. Sabun tangan

Melansir dari Healthline, sabun tangan bisa menghilangkan feromon atau hormon yang ditinggalkan semut dalam jejak langkah-langkahnya. Hormon inilah yang membuat kawanan semut bisa mengetahui keberadaan anggota koloninya.

Jadi untuk memutus komunikasi antar semut, semprotkan sabun tangan yang sudah diencerkan dengan air ke area yang sering didatangi semut.

Kemudian lap hingga bersih semua kawanan semut yang ada di situ.

2. Merica

Semut tak menyukai aroma pedas dari merica. Hal ini bisa Anda manfaatkan sebagai senjata.

Merica untuk mengusir semutPixabay/u11116 Merica untuk mengusir semut

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X