Kompas.com - 19/04/2021, 20:50 WIB
Helikopter NASA sukses catatkan penerbangan bersejarah pertama di Mars Helikopter NASA sukses catatkan penerbangan bersejarah pertama di Mars

KOMPAS.com - NASA berhasil menerbangkan helikopter kecilnya, Ingenuity di Mars pada Senin (19/4/2021).

Ini merupakan penerbangan bertenaga mesin pertama yang dilakukan di planet lain.

Keberhasilan penerbangan pertama, Ingenuity ini diunggah oleh Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) melalui akun media sosialnya.

Baca juga: NASA Berencana Terbangkan Helikopter di Mars untuk Pertama Kalinya

Penerbangan bersejarah

Mengutip AFP, Senin (19/4/2021), helikopter seberat 1,8 kilogram itu lepas landas dan melayang 3 meter di atas permukaan Mars, kemudian kembali beristirahat setelah 39,1 detik.

Data dan gambar dari penerbangan otonom ditransmisikan 173 juta mil (278 juta kilometer) kembali ke Bumi dan diterima oleh antena darat NASA, serta diproses lebih dari tiga jam kemudian.

Para insinyur mengawasi layar mereka dengan tegang di Jet Propulsion Laboratory di California, tempat misi telah dirancang dan direncanakan selama enam tahun terakhir.

Mereka bertepuk tangan saat salah satu dari mereka membacakan daftar tugas yang telah dicapai Ingenuity.

"Ingenuity telah melakukan penerbangan pertamanya, penerbangan pertama dari pesawat bertenaga di planet lain," kata kru itu.

Pesawat itu dengan cepat mengirim kembali gambar hitam-putih dari kamera navigasi yang mengarah ke bawah, dengan menunjukkan bayangan seperti serangga di permukaan.

Kemudian muncul video berwarna dari penjelajah Perseverance yang menunjukkan Ingenuity di darat, dalam penerbangan, dan sekali lagi saat istirahat.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X