Kompas.com - 20/02/2021, 16:20 WIB
Tangkapan layar unggahan foto NASA tentang pendaratan di Mars screenshootTangkapan layar unggahan foto NASA tentang pendaratan di Mars

KOMPAS.com - Badan antariksa Amerika Serikat NASA merilis sejumlah foto terbaru dari Mars yang berhasil ditangkap oleh wahananya bernama Perseverance yang baru saja berhasil mendarat di Planet Merah itu pada Kamis (18/2/2021).

Perseverence mendarat di Kawah Jezero di permukaan planet Mars

Melalui akun Twitter @NASAPersevere, foto-foto itu diunggah.

Baca juga: Penjelajah NASA Sukses Mendarat di Mars

Foto-foto yang dirilis memungkinkann manusia di Bumi melihat Mars melalui tangkapan kamera yang ada di tubuh Perseverance. Alat itu menangkap gambar mulai dari saat ia memasuki orbit Mars, turun ke permukaan, dan saat mendarat di Mars.

Foto pertama dikirim pada hari yang sama dengan hari pendaratan, namun foto itu hanya memiliki warna hitam dan putih dan menjadi tanda bahwa Perseverance telah mendarat dengan selamat di permukaan planet terdekat ke-3 dari Matahari itu.

Baca juga: NASA Berencana Terbangkan Helikopter di Mars untuk Pertama Kalinya

Foto permukaan Mars

Kemudian di hari selanjutnya, ia mengirim sejumlah foto dengan kecenderungan berwarna merah, warna yang menjadi karakteristik dari planet itu.

Dalam sebuah foto, terlihat debu menyembul dari permukaan Mars saat Perseverance hampir sempurna mendarat. kurang lebihi sekitar 1,9 meter di atas permukaan Mars.

Terlihat pula cakrawala yang luas, dengan batu-batuan kecil di permukaannya.

Batuan itu memiliki karakteristik berlubang-lubang sehingga membuat para peneliti penasaran, kondisi apa yang sesungguhnya melatarbelakanginya.

Apakah aktivitas vulkanik di planet itu, atau aktivitas sedimentasi.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X