10 Perguruan Tinggi Pencetak Miliarder Terbanyak di Dunia

Kompas.com - 20/04/2021, 09:29 WIB
Bangunan bersejarah di Harvard University ShutterstockBangunan bersejarah di Harvard University

KOMPAS.com - Sebanyak 2.755 orang masuk dalam daftar Miliarder Dunia 2021 versi Majalah Forbes.

Daftar orang terkaya di dunia ini menerima gelar sarjana mereka di seluruh dunia, dari Universitas Al-Azhar di Mesir hingga Universitas Teknologi Zhejiang di Cina.

Namun beberapa di antaranya tidak kuliah sama sekali, atau keluar sebelum memperoleh ijazah, termasuk sepasang putus sekolah Harvard yang termasuk di antara lima orang terkaya di dunia: Bill Gates dan Mark Zuckerberg. 

Baca juga: Daftar Lengkap 19 Orang Terkaya di Indonesia 2021 Versi Forbes

Berikut ini adalah daftar 10 perguruan tinggi pencetak miliarder terbanyak di jajaran Miliarder Dunia 2021 Forbes, dikutip dari Forbes (14/4/2021):

1. Harvard University

Menempati urutan pertama adalah salah satu kampus Iviy Leagues yang terdapat di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat.

Harvard University tercatat menjadi perguruan tinggi tempat 29 miliarder dunia. Total aset alumninya mencapai 207 miliar dollar AS. 

Dari 29 miliarder alumnus Harvard, 17 di antaranya bergerak di industri keuangan dan investasi. Misalnya saudara kembar di balik Bitcoin: Cameron dan Tyler Winklevoss juga manyan CEO Goldman Sachs, Lloyd Blankfein.

Di luar sektor keuangan dan investasi, adalah Steve Ballmer, pemilik Los Angeles Clippers yang memiliki 68,7 miliar dollar AS dari masa kepemimpinanmya di Microsoft.

Ia merupakan alumnus Harvard University terkaya yang sejauh ini tercatat.

Baca juga: Daftar 10 Perempuan Terkaya di Dunia 2021 Versi Majalah Forbes

2. University of Pennsylvania

Posisi kedua adalah University of Pennsylvania yang ada di Philadelphia, AS.

Tak berbeda jauh dari Harvard University, University of Pennsylvania memiliki total 28 miliarder yang merupakan mantan mahasiswanya.

Dari 28 orang itu, jika ditotal asetnya mencapai 284,8 miliar dollar AS. Beberapa di antaranya adalah Presiden AS ke-45 Donald Trump dan orang di balik brand besar otomotif Tesla, Elon Musk.

Nama lain adalah Gary Lauder dengan brand kosmetik Estée Lauder yang didirikan oleh neneknya.

3. Stanford University

Sama dengan University of Pennsylvania, Stanford University juga mencatat 28 nama alumni yang menjadi miliarder.

Total aset dari 28 miliarder asal Stanford University adalah 124,4 miliar dollar AS.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X