Kompas.com - 19/04/2021, 18:15 WIB
Ilustrasi uang/ upah minimum UMK UMP / UMR Jakarta 2021 KOMPAS.com/NURWAHIDAHIlustrasi uang/ upah minimum UMK UMP / UMR Jakarta 2021

KOMPAS.com – Pemerintah menyalurkan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau BLT UMKM pada 2021 ini.

Melansir Antara, Kamis (1/4/2021), BLT UMKM 2021 telah kembali disalurkan pada 9,8 juta pelaku usaha mikro.

Adapun besaran bantuan yang diberikan kali ini adalah sebesar Rp 1,2 juta setiap penerima sebagaimana sesuai dengan Peraturan Kemenkop UKM Nomor 2 Tahun 2021.

Lantas bagaimana cara mencairkan dana bantuan BPUM di Bank BRI dan BNI?

Baca juga: Tanya Jawab Seputar BPUM atau BLT UMKM Rp 1,2 Juta

BRI

Masyarakat dapat mengecek apakah dirinya terdaftar sebagai penerima BPUM 2021 dengan melakukan pengecekan terlebih dahulu pada di laman:

Nantinya jika nama dinyatakan terdaftar maka penerima bisa segera menghubungi kantor cabang BRI terdekat untuk mendapatkan informasi waktu atau jadwal pencairan.

Adapun dokumen yang dipersyaratkan untuk pencairan yakni:

  • Buku tabungan
  • Kartu ATM dan identitas diri
  • Surat Pernyataan
  • Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM), dan/kuasa penerimaan dana Banpres.

Baca juga: 3 Persoalan Seputar BLT UMKM dan Solusinya

BNI

Bantuan BPUM atau BLT UMKM 2021 ini juga disalurkan melalui Bank BNI.

“Saat ini, Kemenkop UKM telah mulai melakukan penyaluran BPUM 2021 sebesar Rp 1,2 juta ke lebih dari 2,1 juta rekening BPUM di BNI,” kata Corporate Secretary BNI Mucharom dikutip dari Antaranews.

Adapun pencairan melalui BNI caranya adalah penerima BPUM menandatangani dan menyampaikan SPTJM di cabang BNI yang dipersyaratkan sesuai ketentuan Kemenkop UKM.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X