Kartu Prakerja Gelombang 17 Berpeluang Dibuka, Ini Kata Pengelola

Kompas.com - 07/04/2021, 18:00 WIB
Petugas mendampingi warga yang melakukan pendaftaran calon peserta Kartu Prakerja di LTSA-UPT P2TK di Surabaya, Jawa Timur, Senin (13/4/2020). ANTARA FOTO/Moch AsimPetugas mendampingi warga yang melakukan pendaftaran calon peserta Kartu Prakerja di LTSA-UPT P2TK di Surabaya, Jawa Timur, Senin (13/4/2020).

KOMPAS.com - Pembukaan Kartu Prakerja semester pertama 2021 telah berakhir dengan pengumuman penerima gelombang 16 pada Rabu (31/3/2021).

Pelaksana Prakerja menargetkan sebanyak 2,7 juta penerima Prakerja pada semester pertama.

Kendati demikian, masih ada peserta yang tidak melakukan pembelian pelatihan pertama hingga batas waktu, sehingga status kepesertaan dicabut.

Rencananya, kuota yang dicabut dari gelombang sebelumnya akan dialokasikan untuk pembukaan gelombang 17.

Berikut penjelasan dari manajemen Kartu Prakerja:

Baca juga: Awas Dicabut, 12.000 Peserta Prakerja Gelombang 13 Belum Beli Pelatihan Pertama

Pembukaan gelombang 17

Head of Communications Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Louisa Tuhatu menyampaikan peluang dibukanya gelombang 17.

"Betul, Kartu Prakerja gelombang 17 akan dibuka jika ada kepesertaan gelombang 12-16 yang dicabut karena tidak membeli pelatihan pertama," ujar dia, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (7/4/2021).

Ia menambahkan, mereka yang dicabut atau di-blacklist kepesertaannya karena tidak membeli pelatihan pertama dalam waktu 30 hari setelah lolos seleksi.

Louisa menegaskan, mereka yang dicabut kepesertaannya masuk dalam daftar hitam.

Nantinya, mereka yang sudah masuk daftar blokir tidak dapat mendaftar Kartu Prakerja lagi.

Baca juga: Catat, Ini Penyebab Kepesertaan Prakerja Dicabut

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X