Kompas.com - 23/03/2021, 09:30 WIB
Ilustrasi scandinavian egg coffee Unplash/Joshua HanksIlustrasi scandinavian egg coffee

KOMPAS.com - Ada yang suka kopi pekat, ada yang suka kopi dengan citarasa lebih "ramah" di rongga mulut. Cara untuk menjinakkan kopi ini bisa menggunakan berbagai bahan, salah satunya adalah butiran telur mentah.

Dilansir dari Hufftpost, cara pembuatan kopi telur ini cukup sederhana.

Cukup ambil sebutir telur ayam mentah, Anda bisa menggunakan telur ayam kampung, kemudian cuci hingga bersih. Benar-benar dengan bersih karena kulit atau cangkang telurnya pun nanti akan ikut diproses.

Kemudian, letakkan beberapa sendok bubuk kopi ke dalam mangkuk atau cangkir tahan panas. Ambil sebutir telur tadi, pecahkan dan masukkan semuanya ke dalam kopi, dari cangkang, putih telur hingga kuning telur.

Panaskan cangkir di atas api kecil, aduk terus hingga mendidih. Nantinya cangkang telur dan putir telur akan memerangkap kotoran kopi, sehingga kopi yang tersedia adalah kopi dengan adukan kuning telur yang bercitarasa lebih lembut juga creamy.

Baca juga: Mau Kopi yang Beda? Yuk, Coba 4 Racikan Kopi Khas Nusantara Ini

Asal muasal

Kopi telur ini konon berasal dari sekitar Norway, Swedia atau Denmark. Di kalangan barista sendiri, resep ini lebih dikenal dengan nama sweddish egg coffee atau scandinavian egg coffee.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski ahli kopi dari Denmark, Asser Christensen, mengatakan bahwa di area Denmark, Swedia dan Norway sendiri tak banyak orang yang mengenal budaya minum kopi menggunakan metode scandinavian egg coffee ini.

Kemudian Asser merunut, bisa jadi metode ini lahir di abad ke-19 dibawa imigran Skandinavia yang memasuki Amerika.

Di Skandinavia kuno sendiri memang ada budaya menjernihkan kopi dengan menambahkan beberapa bahan makanan tertentu.

Baca juga: 3 Cara Menikmati Kopi ala Asia, Bisa Ditemukan di Indonesia

Hal ini merujuk sekitar tahun 1800 dimana butiran kopi semahal rempah-rempah. Jadi para produsen kopi mengambil ampas kopi sisa untuk dicampurkan ke bubuk kopi yang akan dijual.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.