Marak Penjualan Botol Skincare Bekas, Lakukan Ini untuk Kelola Sampah Kosmetik

Kompas.com - 06/03/2021, 17:26 WIB
Ilustrasi botol skincare, kosmetik PIXABAY/KC WoonIlustrasi botol skincare, kosmetik

KOMPAS.com - Sebuah twit yang menginformasikan penjualan online botol skincare bekas ramai diperbincangkan pada akhir Februari 2021.

Adapun akun yang mengunggah informasi tersebut yakni akun Twitter, @skincarefess.

Dalam twitnya, ia mengunggah foto tangkapan layar penjualan botol skincare di salah satu marketplace, dan menyatakan khawatir botol itu disalahgunakan. 

Hingga kini, unggahan tersebut telah di-retwit sebanyak 164 kali dan disukai sebanyak 329 kali oleh pengguna Twitter lainnya.

Bagaimana sebaiknya mengelola sampah kosmetik, agar tak disalahgunakan?

Head of Communication & Engagement dari Waste4Change, Hana Nur Auliana, mengatakan, kemasan skincare yang sudah tidak terpakai atau sudah kosong dapat dikirimkan kepada Waste4Change.

Mereka yang tertarik untuk mengirim sampah skincare dapat mendaftar melalui link w4c.id/SYW.

Melalui laman itu, calon pengirim akan mengisi form dan memilih lokasi pengiriman sampah.

Sebelum dikirim, sebaiknya lakukan pemilahan sampah berdasarkan jenisnya.

"Sebaiknya dipilah/dipisahkan dari sampah jenis lainnya lalu dikirimkan ke tempat yang dapat mendaur ulang atau mengelola sampah jenis tersebut," ujar Hana, saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (6/3/2021).

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X