[KLARIFIKASI] Puluhan Wartawan Terkapar Usai Divaksin Corona

Kompas.com - 27/02/2021, 20:00 WIB
Ilustrasi klarifikasi KOMPAS.com/AKBAR BHAYU TAMTOMOIlustrasi klarifikasi
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
klarifikasi

klarifikasi!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, ada yang perlu diluruskan terkait informasi ini.

KOMPAS.com - Sebuah informasi yang menyebutkan adanya puluhan wartawan yang terkapar usai disuntik vaksin covid-19, beredar di media sosial Facebook dan aplikasi berbagi pesan WhatsApp.

Dari konfirmasi yang dilakukan Kompas.com, informasi tersebut ada yang perlu diluruskan

Narasi yang beredar

Informasi yang mengatakan adanya puluhan wartawan terkapar usai disuntik vaksin tersebut salah satunya diunggah oleh akun Ria Syekira

Adapun narasi yang dituliskan:

"#CopasLintasBalikpapanPost

Sejumlah jurnalis dilarikan ke rumah sakit (RS) pasca mendapat vaksin Covid-19, di Hall A Basket Gelora Bung Karno Jakarta, Kamis (25/2/2021). News Anchor JawaposTV, Dean Cahyani, harus dilarikan ke Instalasi Gawat Darirat (IGD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kebayoran Lama, Jakarta Selatan usai menjalani vaksin Covid-19 di Gelora Bung Karno (GBK).

Kepada awak media, Dean menjelaskan bahwa usai menjalani vaksin, dia merasa mual dan pusing dan diikuti dengan pembengkakan pada kedua mata dan bibirnya.

“Jadi tadi setelah vaksin, saya langsung ke kantor buat siaran. Pas mau mulai, saya langsung merasa mual dan pusing. Semua pada panik, karena mata dan bibir alami bengkak, kemungkinan alergi” kata Dean di Ruang IGD, Kamis (25/2/2021) malam.

Dean juga mengakui efek lain yang dialaminya adalah gangguan penglihatan. Dia tidak bisa melihat karena pembengkakan di kedua matanya itu.

Juru bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dokter Siti Nadia Tarmidzi, yang dikonformasi awak media, mengatakan puluhan wartawan terkapar setelah divaksin. Ada yang pusing dan mual-mual hingga pingsan. Kemenkes kemudian membawa mereka ke RS untuk observasi.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X